Tips Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Secara Alami dan Benar

Cara menghilangkan bekas jerawat secara alami adalah cara paling bijak untuk mengatasi bekas jerawat tanpa menimbulkan efek samping. Sebelumnya kita tahu bahwa masalah jerawat adalah masalah yang tidak pernah lepas dari kehidupan kita. Bahkan bisa dikatakan bahwa setiap orang yang sudah memasuki masa dewasa akan mengalami masalah jerawat.

Tips Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Secara Alami dan Ampuh

menghilangkan bekas jerawat


Masalah jerawat sendiri juga paling sering menyerang orang-orang yang dalam masa peralihan dari masa anak-anak menuju masa dewasa, yaitu masa remaja. Remaja biasanya akan lebih sering mengalami jerawatan. Hal ini disebabkan karena pada masa remaja sedang mengalami perubahan hormon dalam tubuh mereka.

Cara menghilangkan bekas jerawat memang tidaklah mudah, dibutuhkan waktu dan kesabaran yang lebih agar bekas-bekas jerawat yang ada di wajah Anda itu bisa hilang dengan sempurna. Wajah adalah asset yang sangat berharga bagi manusia, memiliki wajah bersih, putih mulus dan cantik atau tampan adalah keinginan alamiah bagi manusia.

Bahkan banyak orang yang demi mendapatkan wajah seperti yang diinginkan rela merogoh kocek yang sangat dalam dan melakukan operasi plastik. Mungkin memang dengan operasi plastik itu Anda mendapatkan wajah yang sempurna seperti yang Anda inginkan, tetapi apakah Anda tahu bagaimana dampak ke depannya bagi kesehatan wajah Anda? Merubah apa yang sudah diberikan kepada Anda dan menambahkan bahan-bahan di sana-sini tentunya akan berdampak buruk bagi Anda nantinya. Menghilangkan bekas jerawat dengan produk kecantikan pun harus berhati-hati, tidak ada bahan kimia yang tidak memiliki efek samping bagi kesehatan.

Maka dari itu Anda harus cermat memilih produk kecantikan yang akan Anda gunakan, agar tidak menyesal nantinya. Selain itu perlu Anda perhatikan apakah produk kecantikan yang Anda gunakan itu sudah resmi tercatat pada badan pengawas obat-obatan dan makanan yang berwenang.

Faktor-faktor penyebab jerawat

Disamping disebabkan karena perubahan hormon pada masa remaja, jerawat juga dapat dipengaruhi oleh berbagai faktor. Penyebab jerawat sendiri bisa dipengaruhi oleh faktor internal dan juga faktor eksternal. Kedua faktor ini yang kemudian dapat dijadikan sebagai cara mengatasi bekas jerawat.

Faktor internal yang menyebabkan terjadinya jerawat adalah sebagai berikut:

1. Keadaan hormonal

faktor hormon menyebabkan jerawat


Kedaan hormonal yang disebutkan disini adalah meningkatnya hormon progesteron. Hormon progesteron ini biasanya mengalami peningkatan produksi ketika wanita akan menjelang menstruasi. Dan hal inilah yang menyebabkan timbulnya jerawat ketika wanita akan menstruasi.

2. Jenis kulit

jenis kulit jerawat


Jenis kulit yang mudah terkena jerawat adalah kulit berminyak. Kulit yang berminyak akan lebih mudah dihinggapi oleh kotoran yang kemudian menyumbat pori-pori kulit. pori-pori kulit yang tersumbat ini kemudian dijadikan media yang sangat nyaman untuk berkembangnya bakteri penyebab jerawat.

3. Kondisi stress

strees dapat menyebabkan jerawat


Kondisi stress bisa menganggu sistem metabolisme dalam tubuh. kondisi metabolisme tubuh yang tidak setabil ini kemudian mempengaruhi produksi minyak pada wajah menjadi melimpah,dan akhirnya kulit yang berminyak ini mudah ditumbuhi bakteri penyebab jerawat.

4. Keturunan

Faktor keturunan

Seluruh struktur tubuh termasuk jenis kulit, golongan darah, kadar hormon merupakan warisan yang diberikan orang tua  kepada keturunan mereka. Kondisi bawaan ini  juga sangat  mempengaruhi timbulnya jerawat.  Orang tua yang sering jerawatan sebagian besar akan memiliki anak dengan kebiasaan  yang sama yaitu jerawatan.

Faktor eksternal yang menyebabkan  terjadinya  jerawat adalah  sebagai berikut:

1. Makanan yang  dikonsumsi

makanan yang dikonsumsi

Faktor yang paling mudah menimbulkan jerawat adalah makanan. Makanan yang mengandung minyak, pengawet dan berkolestelor tinggi  akan  sangat mudah memicu timbulnya jerawat. Beberapa makanan yang menyebabkan jerawat diantaranya yaitu, mie instans, gorengan, es krim, makanan bersantan, mie ayam, bakso, seafood, kacang mete, kacang tanah, permen dan nasi goreng.

2. Pengunaan kosmetik/make up

Pengunaan kosmetik/make up

Make up yang  mengandung banyak  bahan kimia akan dengan mudah memicu timbulnya jerawat. Bahan-bahan kimia yang digunakan sebagai make up ini bisa membuat kulit wajah menjadi alergi yang ditandai dengan munculnya jerawat.

3. Lingkungan

Sebelumnya perlu diketahui bahwa jerawat muncul akibat adanya bakteri pada wajah. Dan bakteri- bakteri ini tentunya paling suka dengan keadaan yang kotor. Dengan demikian lingkungan yang kotor, berdebu dan banyak polusi akan dengan mudah menularkan bakteri ke wajah kita.

Konsumsi Air Putih Yang Cukup Setiap Hari

Air putih adalah air yang sangat baik bagi kesehatan, air putih masih murni dan tidak bercampur dengan apapun sehingga akan membantu Anda dalam menjaga kesehatan termasuk menjaga kesehatan kulit wajah. Mengkonsumsi air putih sebanyak 8 gelas setiap hari akan membantu Anda dalam menjaga kelembapan kulit sehingga bekas jerawat membandel yang ada di wajah Anda lama kelamaan akan menghilang dengan sendirinya. Meskipun cara ini sangat mudah dilakukan Anda tidak boleh meremehkannya. Cobalah lakukan dan Anda akan merasakan manfaatnya.

Tidur Yang Cukup

Jangan suka membiasakan diri tidur terlalu larut malam, tidur yang kurang dan tidak teratur akan membuat wajah Anda kusam dan layu, sehingga jerawat bukannya menghilang malah akan berdatangan dan bertambah jumlahnya di wajah Anda. Dengan jam tidur yang cukup metabolisme tubuh Anda akan berjalan sebagaimana mestinya dan bekas jerawat di kulit wajah Anda lambat laun akan menghilang, biasakanlah tidur selama 8 jam setiap harinya untuk membantu Anda dalam cara menghilangkan bekas jerawat.


Usahakan setiap hari Anda harus selalu makan buah dan sayuran, variasikan buah dan sayuran yang Anda konsumsi sehingga Anda tidak akan bosan. Selain itu Anda juga bisa membuat buah dan sayuran itu menjadi berbagai penganan, misalnya Anda hari ini membuat jus dari buah dan sayuran, lain harinya Anda membuat buah dan sayuran untuk dijadikan sayur sop misalnya. Vitamin E dalam buah dan sayuran sangat baik bagi kesehatan kulit Anda terutama untuk menghilangkan jerawat dan bekas jerawat.

Hindarkan Rambut Dari Wajah

Jangan suka membiasakan rambut yang berantakan, sisirlah rambut Anda ke belakang dan rapikan atau ikat dengan ikat rambut, terkadang rambut yang berantakan bisa menyebarkan bakteri yang kotor pada wajah Anda dan itu akan membuat munculnya minyak berlebih yang berujung pada munculnya jerawat di wajah Anda, untuk itu sebisa mungkin hindarkan helaian rambut Anda dari kulit wajah Anda.

Gunakan Bahan-bahan alami penghilang bekas jerawat (masker alami)


Ada banyak masker yang bisa Anda buat setiap hari dengan menggunakan bahan-bahan yang ada di rumah. Contohnya Anda bisa membuat masker putih telur, tomat, timun, lidah buaya, bawang putih, bahkan jeruk nipis. Semua bahan-bahan tersebut adalah bahan alami yang tentunya ada di sekitar Anda, sama sekali tidak membutuhkan biaya yang besar. Cukup luangkan waktu Anda paling banyak 30 menit untuk menggunakan masker berbahan alami tersebut.

Lakukanlah sebanyak 2-3 kali dalam seminggu agar cara yang Anda tempuh dalam cara menghilangkan bekas jerawat ini bisa ampuh dan terbukti. Kita tahu bahwa buah tomat adalah salah satu sayuran yang mengandung vitamin A dan vitamin C yang tinggi. Kedua vitamin tersebut bisa sangat membantu untuk menyembuhkan jerawat dan menghilangkan bekas jerawat. Sedangkan bawang putih terdapat ankoagulan yang tinggi dalam bawang putih  ini bisa dengan cepat menghilangkan bekas jerawat. Dan perlu diketahui bahwa zat ankoagulan ini adalah zat anti pembekuan darah, sedangkan bekas jerawat sendiri timbul akibat adanya pembekuan darah.

Baca Juga : 10 Tips supaya awet muda

Dengan demikian masker bawang putih ini bisa secara alami menghilangkan bekas jerawata. Untuk manfaat jeruk nipis sudah sangat terkenal yaitu mengurangi kadar minyak pada wajah. Namun selain itu jeruk nipis ternyata juga mampu mengankat sel-sel kulit mati dan sekaligus bekas jerawat.


EmoticonEmoticon