-->

Resep Olahan Timun Segar dan Cara Memilih yang Tidak Pahit

Berbicara mengenai lalapan makanan tentu mentimun atau sering disebut timun tidak bisa dilupakan. Dimana pada dasarnya buah yang panjang tersebut mempunyai manfaat banyak untuk kesehatan. 

Hal itu tentu dari kandungan nutrisi didalamnya, apakah Anda sudah mengetahui hal tersebut? Selain rasanya yang segar dan renyah untuk dijadikan lalapan, ternyata timun juga bisa disajikan dalam pelengkap olahan lainnya. 

Di Indonesia sendiri keberadaannya cukup mudah ditemukan, harga yang ditawarkan juga sangat terjangkau. Tidak heran jika masuk dalam jenis sayuran yang tidak bisa ditinggalkan.

Resep Olahan Timun Segar

timun

Mentimun mengandung nutrisi banyak yang baik untuk kesehatan, Anda bisa mengkonsumsinya secara langsung. Selain itu ternyata sayuran tersebut juga bisa disajikan dalam beberapa olahan segar lainnya seperti:

1. Jus mentimun dan jeruk.

Ini merupakan minuman penghilang dahaga paling tepat, rasanya yang pas dan benar-benar memberikan manfaat. Sebenarnya jus mentimun bisa digabung dengan lain, tapi untuk jeruk sendiri bisa sebagai perasa yang memberikan rasa lebih pas.

2. Es serut mentimun jeruk nipis.

Selain di jus bisa juga diserut untuk disajikan dalam sebuah minuman segar dan sehat tentunya. Langsung serut saja timun ditambah dengan gula atau sirup kemudian beri perasan jeruk nipis, mantap rasanya rasakan besar manfaatnya bagi kesehatan Anda.

3. Salad mentimun.

Selain digunakan sebagai lalapan, timun juga bisa dijadikan sebagai sayuran dalam salad. Ini tentu dengan bahan lain yang digabungkan seperti bawang putih, minyak, garam, gula dan jenis sayuran lainnya.

4. Acar mentimun.

Ada olahan dari mentimun yang sangat multifungsi sekali, dimana acar bisa disajikan dalam campuran bakso, mie ayam, martabak, mie rebus, mie goreng dan masih banyak lagi lainnya. Rasanya yang renyah, campuran khas cuka menjadikan acar dari timun lebih mantap rasanya.

Baca Juga : Menu Diet Sehat Sekaligus Obat Kanker

Cara Memilih Timun yang Tidak Pahit

Beberapa olahan diatas memang terlihat segar dan menarik untuk mendukung sajian makanan. Namun sering sekali pembuatannya terhalang karena rasa pahit yang muncul pada timun. Hal ini wajar, bahkan sering terjadi. 

Untuk sebagian orang normal saja dan tidak mempengaruhi rasa tetapi sebagian lagi ingin menghindari supaya rasa sesuai keinginan. Nah, untuk Anda ketika membeli timun supaya terhindar dari rasa pahit tersebut bisa melakukan beberapa langkah pemilihan seperti:

1. Perhatikan warna.

Ini tentu menjadi hal utama, hindari pembelian timun dengan warna yang kusam atau kering. Karena hal itu menjadi salah satu pertanda kualitas mentimun sendiri, bisa jadi rasa pahit akan Anda temukan.

2. Coba untuk menekan.

Langkah kedua bisa menekan bagian daging timun, jika berasa empuk atau lembek lebih baik tidak dibeli. Pilih timun dengan kondisi yang masih segar dan keras dengan kualitas bagus.

3. Bentuk timun.

Ini bisa menjadi pertanda yang selanjutnya, jangan memilih dengan timun berbelok dan tidak lurus. Selain resiko pahit juga resiko timun gabus didalamnya jadi tidak renyah saat dimakan.

4. Noda pada timun.

Jika menemukan noda bintik atau warnanya berubah kuning lebih baik segera kembalikan sebelum merasakan pahit.

Sebagai ibu rumah tangga memang mengenal baik cara mengolah serta memilih sayuran itu sangat penting sekali, tidak kecuali timun. Dimana sayuran yang satu tersebut cukup riskan mengalami beberapa masalah seperti gabus, pahit dan lainnya. Memudahkan Anda menemukan yang tepat dan terhindar dari masalah, lebih baik beli di TahiHub. Dimana toko perlengkapan online tersebut membantu Anda berbelanja aman dan nyaman tanpa kerepotan setiap hari.

0 Response to "Resep Olahan Timun Segar dan Cara Memilih yang Tidak Pahit"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel