-->

Tips Memilih Layanan WordPress Hosting Indonesia

WordPress tentunya sudah bukan lagi sebuah hal baru dimana banyak sekali situs yang memilih menggunakan WordPress sebagai mesin karena kemudahan serta fitur yang ditawarkannya. 

Untuk membangun situs dengan basis WordPress sendiri cukup mudah, dimana ada banyak layanan yang bisa menjadi pilihan, mulai dari layanan gratis hingga layanan premium.

Dalam membangun situs (sebut saja WordPress) tentu membutuhkan sebuah hosting untuk menyimpan data dan menjalankannya, dalam hal ini (memilih layanan hosting) bisa dikatakan menjadi sebuah hal yang harus diperhitungkan dengan baik.

Untuk jenis layanan hosting sendiri ada banyak (mungkin terdapat banyak pilihan) tapi dalam konteks WordPress untuk saat ini dapat dikategorikan menjadi 3 jenis layanan, yaitu :

  1. Shared Hosting
  2. WordPress Hosting
  3. VPS
Sebenarnya, dari ketiga layanan tersebut adalah sama. Hanya saja ada beberapa hal yang membedakan, walaupun secara umum sudah bisa ditebak seperti apa perbedaannya.

1. Shared Hosting


Shared Hosting


Layanan Shared Hosting adalah sebuah layanan dimana ada banyak sekali akun atau situs yang dikelola dalam satu server, layanan ini banyak menjadi pilihan karena harganya yang terjangkau.

Untuk sekarang ini layanan Shared Hosting terbagi menjadi dua yaitu layanan biasa dan Cloud. Jika Anda bermaksud untuk membangun sebuah situs yang memiliki power atau katakanlah yang memiliki lalulintas besar, maka layanan seperti ini tidak disarankan. 

Di Indonesia sendiri ada banyak sekali penyedia layanan Shared Hosting yang bisa dijadikan pilihan.

2. WordPress Hosting


WordPress Hosting

Layanan WordPress Hosting masih tergolong baru, dan memang merupakan sebuah layanan hosting yang direkomendasikan untuk pengguna WordPress. 

Jika Anda memperhatikan layanan hosting luar (Internasional), maka Anda dapat menemukan banyak sekali layanan hosting yang memang dikhususkan untuk pengguna WordPress. 

Layanan hosting seperti ini menjadi sebuah rekomendasi bagi pengguna WordPress karena selain telah dioptimalkan untuk WordPress juga menawarkan dukungan penuh yang mungkin tidak tersedia pada layanan hosting biasa.

WordPress Hosting sendiri terdapat dua jenis, yaitu Shared WordPress Hosting dan  Managed WordPress Hosting. 

Shared WordPress Hosting merupakan sebuah layanan Shared Hosting yang khusus dioptimalkan untuk WordPress, meski memiliki kekurangan karena mengelola banyak situs dalam satu server, namun layanan seperti ini masih lebih baik jika dibandingkan dengan Shared Hosting biasa.

Sedangkan layanan Managed WordPress Hosting sebenarnya adalah sebuah VPS yang dikelola khusus untuk WordPress, dari perbandingan yang ada jelas bisa dipastikan bahwa Managed WordPress Hosting berada pada urutan pertama, hanya saja harganya tidaklah murah dan itu wajar.

3. VPS (Virtual Private Server)


Virtual Private Server

Mengenai layanan VPS tentu sedikit banyak Anda sudah pernah mendengarnya, keunggulan menggunakan layanan ini adalah bahwa satu server hanya mengelola satu situs (tergantung Anda sebagai pengguna), jika Anda sudah memahami penggunaan VPS dan memahami seluk beluk WordPress dari semua sisi, maka menggunakan VPS adalah pilihan terbaik. 

Tapi, jika kurang berpengalaman maka ada pilihan layanan Managed VPS dimana Anda hanya perlu fokus pada situs Anda dan VPS akan dikelola penyedia sesuai kebutuhan Anda. 

Hanya saja jika diharuskan untuk memilih apakah menggunakan Managed VPS atau Managed WordPress Hosting tentu saya akan lebih memilih Managed WordPress Hosting karena sudah pasti ditangani oleh penyedia yang memahami sistem terutama untuk WordPress yang lebih optimal.

Di Indonesia sendiri sudah banyak penyedia layanan WordPress Hosting, baik itu shared wordpress Hosting maupun managed wordpres hosting. 

Penggunaan WordPress Hosting tentu akan jauh lebih baik jika situs yang Anda kelola menggunakan WordPress terlebih lagi jika menggunakan Managed WordPress Hosting yang sudah pasti memiliki power yang lebih tinggi.

Menggunakan Hosting Indonesia bisa menjadi opsi terbaik jika target Anda adalah pengunjung Indonesia, karena sudah pasti akan lebih cepat ketika diakses.

Keuntungan lainnya adalah bahwa Anda tidak perlu menguasai bahasa Inggris untuk berkomunikasi dengan pihak penyedia layanan ketika membutuhkan bantuan.

Apa bedanya WordPress Hosting dengan Hosting biasa?

Secara umum bisa dikatakan sama saja, namun dari sudut lain tentu akan terlihat berbeda. 

WordPress Hosting menawarkan fitur serta kemudahan pengelolaan yang memang dikhususkan untuk WordPress, dan hal itu tentu saja akan berpengaruh pada situs yang dikelola.

Menurut beberapa pengguna yang sudah pro, WordPress Hosting memberikan keunggulan dari segi kecepatan serta keamanan. 


Dimana WordPress Hosting akan secara otomatis melakukan pembaharuan mesin dan sebagainya jika tersedia, berbeda dengan layanan hosting biasa yang terkadang akan mengalami problem ketika melakukan pembaharuan.

Kekurangan yang dimiliki WordPress Hosting adalah bahwa tidak ada jaminan yang sama jika menginstall sistem selain WordPress pada layanan tersebut.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel