-->

7 Faktor yang Membuat Anda “Ngantuk” saat Bekerja

7 Faktor yang membuat anda ngantuk saat bekerja - Rasa kantuk yang terjadi saat bekerja, kerap dialami oleh hampir sebagian besar orang tiap hari, entah saat pagi atau siang hari, terutama setelah makan berat.

Ketika tubuh anda merasa lelah dan lemas dan langsung tertidur, bisa saja itu menjadi salah satu isu kesehatan yang penting.

Hal itu pun bisa disebabkan oleh gejalan depresi, obesitas, dan bahkan masalah tulang. Menurut para ahli, hal itu terjadi karena tubuh kehilangan istirahat selama 8 jam sehari, maka di hari berikutnya tubuh pun akan merasakan lelah dan lemas.

Berikut ini adalah beberapa alasan utama di mana mata yang kerap sulit terbuka saat di siang hari.

7 Faktor yang membuat anda ngantuk saat bekerja

1. Obesitas

7 Faktor yang membuat anda ngantuk saat bekerja


Salah satu alasan utama mengapa anda kerap mengantuk saat bekerja bisa jadi karena kelebihan berat badan. Dengan kondisi berat badan berlebih, maka tubuh akan memproduksi cytokines dan sel imun yang akan menimbulkan rasa kantuk.

2. Sarapan tak seimbang

Sarapan tak seimbang


Jika anda sering makan dengan gizi tak seimbang, maka itu akan memicu anda mengantuk. Pastikan anda cukup mengonsumsi serat serta nutrisi dan protein untuk membuat anda tetap aktif.

Jangan lupa untuk memasukkan buah dalam menu sarapan sebagai sumber vitamin dan enzim. Baca disini untuk informasi lebih lanjut tentang sarapan.

3. Nasi adalah masalah

 Nasi adalah masalah


Nasi selama ini menjadi makanan pokok orang Indonesia, tentu tak mudah untuk menghindarinya sama sekali. Namun, sayangnya nasi mengandung banyak kanji sebagai pemicu utama seseorang bisa mengantuk, bahkan saat beraktivitas. Maka, coba hindari nasi putih di pagi atau siang hari, saat padat bekerja. Anda bisa menggantinya dengan nasi merah atau gandum.


4. Kurang tidur malam

Kurang tidur malam


Ini juga salah satu faktor penyebab kebanyakan orang sering mengantuk saat beraktivitas. Jika anda kurang tidur di malam hari, maka anda pun akan cepat merasa lelah dan mengantuk di pagi hari. Bahkan, saat terbangun di pagi hari pun anda bisa mengalami sakit kepala dengan suasana hati kurang baik.


5. Masalah tulang

masalah tulang


Studi juga menunjukkan bahwa protein orexin merupakan alasan utama anda bisa mengantuk di siang hari. Jika anda merasa mengalami masalah tulang, maka akan lebih baik bagi anda untuk berkonsultasi dengan dokter ahli.


6. Pasca kehamilan

 Pasca kehamilan


Bagi para wanita, kondisi pasca kehamilan juga menjadi pemicu rasa kantuk selama anda bekerja di siang hari. Berlatihlah untuk mengurus bayi anda dengan baik, sehingga dia tidak akan membangunkan anda di tengah malam.

7. Makanan berlemak


Makanan berlemak


Ketika anda mengonsumsi makanan berlemak dan minim protein, tentunya itu akan memengaruhi anda konsentrasi saat bekerja. Ini juga menjadi salah satu faktor yang membuat anda cepat terserang rasa kantuk.

Sekian informasi seputar 7 Faktor yang Membuat Anda Ngantuk saat Bekerja jangan lupa untuk menyimak yang menarik lainnya seputar Tetap Sehat dan Bugar di Kantor dengan 3 Olahraga Berikut jangan lupa untuk menyimak artikel menarik lainnya di blog ini.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel