Tetap Sehat dan Bugar di Kantor dengan 3 Olahraga Berikut


Tahukah Anda jika kita membiarkan tubuh tidak aktif selama di kantor, ternyata dapat memicu berbagai penyakit?

Yup, diamnya tubuh ketika bekerja di kantor dapat mengundang bibit penyakit menggerogoti tubuh. Misalnya seperti penyakit jantung, kanker, hingga rendahnya kesehatan mental hanya karena kurang gerak. Walau sudah berjalan kaki atau bersepeda ke kantor, jika tidak banyak bergerak selama 8 jam, kesehatan tubuh bisa terganggu.

Maka itu sebaiknya mulailah untuk berolahraga di kantor. Walau hanya gerakan olahraga ringan, namun jika dilakukan secara rutin, akan berpengaruh baik pada kesehatan. Lalu apa saja olahraga ringan tersebut? Yuk, simak berikut ini!



The shoulder shrug
Dari namanya saja sudah tahu, kan, bahwa Anda harus menggerakkan bahu? Yup, Anda hanya cukup mengangkat kedua bahu ke arah telinga, tahan selama lima detik dan lepaskan. Ulangi gerakan ini sebanyak 15 kali. Ingin lebih berat? Pegang beban seberat 500 gram atau satu kilo di masing-masing tangan. Anda dapat memegang binder atau botol air minum sebagai bebannya.

Wall sit
Sesuai namanya, Anda cukup berdiri dengan punggung yang menempel ke dinding, lalu tekut lutut dan geser punggung sampai paha sejajar dengan lantai. Duduk dan tahan posisi tersebut selama 30 detik atau sekuatnya Anda. Manfaatkan waktu “duduk” tersebut dengan membaca majalah atau buku. Jika ingin yang lebih berat lagi, silangkan kaki kanan di atas lutut kiri, dan tahan paling tidak selama 15 detik. Ulangi juga gerakan tersebut dengan kaki kiri.


Desk squat

Walau namanya mengandung unsur meja, tetapi sebenarnya gerakan ini tidak menggunakan meja kerja sama sekali. Untuk melakukannya, Anda perlu berdiri dengan kedua kaki dan menjauhkan kursi. Lalu tekuk lutut dengan lembut hingga paha hampir sejajar dengan lantai seolah-olah sedang duduk di kursi. Saat Anda membungkuk, angkat lengan lurus ke arah atas atau ke layar komputer sambil menjaga lutut tetap sejajar. Tahan posisi tersebut selama 15 detik lalu lepaskan. Anda bisa mengulangi gerakan desk squat ini sebanyak 4-6 kali.
SHARE

About Berita update

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar