Manfaat Menggunakan Kode Bank BRI

Manfaat Menggunakan Kode Bank BRI - Mengetahui kode bank tertentu tentunya menjadi sebuah kewajiban tersendiri terutama bagi Anda yang gemar melakukan pebelian secara online. Dengan mengetahui kode bank seperti ini tentunya akan memudahkan transaksi transfer antar bank menjadi lebih mudah.

Manfaat Menggunakan Kode Bank BRI

Anda tidak perlu lagi pergi ke bank hanya untuk melakukan transfer uang. Hanya dengan menggunakan media online dan mencantumkan kode bank tertentu maka transfer uang antar bank selesai. Begitu juga ketika Anda hendak melakukan transaksi dengan bank BRI, secara otomatis Anda harus menggetahui ATM BERSAMA kode bank BRI.

Kode bank BRI

Kode bank BRI ini adalah sebuah no identitas bank yang ada di Indonesia. Kode bank sendiri umumnya terdiri atas 2 macam, yaitu swift kode dan kode bank.

1. Swift kode

Ini adalah sebuah singkatan dari “the Society for Worldwide Interbank Financial Telecomunication. Ini adalah sebuah kode Bank secara internasional, atau kode bank yang akan Anda gunakan ketika melakukan transaksi antar bank secara internasional.

Layanan seperti ini tentunya akan sangat memudahkan para nasabah di banyak Negara untuk mentransfer sejumlah uang tertentu pada bank tertentu. Kode SWIFT ini sendiri biasanya terdiri 2 macam ada yang menggunakan 8 deretan angka dan ada juga yang menggunakan 11 huruf capital.

Adapun arti dari kode tersebut adalah :

4 Karakter pertama berupa kode bank yang biasanya terdiri dari huruf.

2 karakter yang berikutnya adalah ISO dan kode negara

3 karakter yang berikutnya adalah kode lokasi dari bank tersebut berada dan biasnaya terdiri dari huruf dan angka.

3 karakter yang terakhir adalah kode cabang dari bank yang dimaksud, kode ini juga biasanya terdiri dari sederetan angka atau huruf.

SWIFT kode ini sendiri tentunya berbeda-beda untuk setiap bank, karena itu ada hubungannya dengan identitas dari bank itu sendiri. Kode ini sendiri biasnya hanya akan digunakan jika Anda hendak melakukan transaksi ke luar negeri, dan SWIFT kode untuk bank BRI adalah BRINIDJA.

2. Kode bank

Kode bank adalah sebuah kode yang dapat Anda gunakan untuk melakukan transfer antar bank di Indonesia. Sama halnya seperti SWIFT kode, dimana kode ini digunakan secara internasional untuk memudahkan para nasabah melakukan transaksi transfer antar bank, maka kode bank adalah sebbuah no identitas bank tertentu yang ada di Indonesia. Kode bank ini biasnaya terdiri dari 3 angka, yang akan Anda masukkan ketika melakukan transfer uang.

Termasuk diantaranya bank BRI, kode bank BRI sendiri adalah 002, dengan demikian ketika Anda hendak mentranfer sejumlah uang tertentu ke bank BRI maka Anda hanya perlu memasukkan kode bank BRI tersebut, kemudian memasukkan no rekening si penerima, dan yang terakhir adalah memasukkan sejumlah uang yang akan dikirim.

Menggunakan kode bank seperti ini tentunya sangat praktis dan juga ekonomis, terutama untuk Anda yang memiliki segudang aktifitas dan tidak mempunyai waktu lebih untuk melakukan transfer uang dengan cara pergi ke bank.

Dengan menggunakan kode bank Anda dapat melakukan transaksi dengan menggunakan ATM, internet banking atau juga SMS banking. Cara seperti ini tentunya cukup praktis, dengan demikian Anda dapat melakukan transaksi atau transfer dimana dan kapan saja.

Baca juga : Daftar Kode Bank Lengkap

Manfaat menggunakan kode bank

Ada beberapa manfaat yang akan Anda terima ketika menggunakan transaksi menggunakan kode bank seperti ini, yaitu ;

1. Lebih praktis

Lebih praktis, terutama bagi Anda yang mempunyai banyak sekali aktifitas, atau bagi Anda yang  gemar sekali melakukan pembelian secara online cara ini dinilai sangat praktis, sehingga Anda dapat melakukan pembelian beberapa banyak barang hanya dengna menekan beberapa tombol tertentu. Anda tidak perlu pergi bolak balik ke bank hanya untuk melakukan mentransfer sejumlah uang tertentu.

2. Lebih ekonomis

Lebih ekonomis karena hanya perlu menggunakan waktu beberapa menit untuk pergi ke ATM terdekat, menggunakan SMS  atau bahkan cukup secara online maka transfer pun selesai dilakukan. Hal ini tentu lebih menghemat banyak waktu dan juga uang.

3. Lebih simple

Lebih simple, terutama bagi Anda yang sulit untuk meluangkan waktu untuk mengantri ke bank hanya untuk transfer sejumlah uang. Dengan mengetahui kode bank BRI, Anda dapat mentransfer sejumlah uang dengan cara sms, ke ATM atau juga online banking.


EmoticonEmoticon