Kode Bank BCA dan Kode Swift Bank BCA

Kode Bank BCA dan Kode Swift Bank BCA - Dengan kecanggihan sistem informasi yang ada saat ini tentunya membuat berbagai macam perubahan positif di berbagai macam bidang, dan bidang perbankan salah satunya. Salah satu aspek yang terkena percepatan informasi seperti ini adalah sistem transfer uang antar bank. bca sebagai salah satu bank terbesar yang ada di Indonesia juga memanfaatkan kecanggihan sistem informasi ini.

Jika dahulu para nasabah hanya dapat mentransfer uang antar bank dengan cara pergi ke bank bca untuk melakukan transaksi, namun kini hal itu dapat dilakukan dengan cara lain, yaitu transaksi online menggunakan kode bank.

Kode Bank BCA dan Kode Swift Bank BCA


Apa itu kode bank

Ada tentu akan sedikit bertanya apa itu kode bank. Kode bank adalah sebuah angka yang digunakan ketika melakukan transfer uang antar bank di Indonesia. Biasanya kode bank ini terdiri atas 3 digit. Semua bank yang ada di Indonesia tentunya harus memiliki kode bank. bca juga mempunyai kode banknya sediri, untuk kode bank BCA adalah 014. Jadi no inilah yang akan digunakan seseorang ketika akan melakukan transfer uang dari bank lain ke bank BCA.

Macam-macam transfer uang antar bank

Saat ini ada 2 macam cara yang dapat Anda lakukan untuk melakukan transfer uang antar bank, yaitu:

1. Dengan cara pergi ke bank yang bersangkutan

Cara pertama yang dapat Anda lakukan untul melakukan transfer uang adalah pergi ke bank tempat Anda menyimpan uang untuk melakukan transfer Antar bank. Ketika Anda pergi ke bank tersebut maka Anda akan mengisi form transfer, setelah itu Anda pergi ke teller untuk memberikan sejumlah uang untuk di transfer ke bank bca.

2. Pergi ke Bank bca

Cara lainya yang dapat anda lakukan untuk mentrasfer uang ke bank bca adalah dengan pergi ke bank BCA tersebut.  Cara melakukan transaksi ini tidak jauh berbeda dengan melakukan transaksi pada no 1.Dimana Anda hanya perlu mengisi form transfer setelah itu pergi ke teller untuk memberikan sejumlah uang yang hendak di transfer.

Apabila Anda tidak mempunyai rekening di Bank bca, biasanya pihak bank meminta data pribadi Anda untuk kelengkapan Administrasi, seperti no KPT, dan juga no tlp. Hal ini dimaksudkan jika terjadi kasus dimana uang yang harus di transfer tidak terkirim, maka pihak bank akan langsung menghubungi Anda.

3. Melakukan transfer menggunakan kode bank

Cara yang ketiga yang dapat Anda lakukan untuk mentransfer uang adalah dengan menggunakan kode bank. Cara ini tentunya dinilai rumit, bagi mereka yang belum terbiasa menggunakan cara online. Sedangkan bagi mereka yang sudah terbiasa menggunakan transaksi secara online, cara seperti ini tentunya dinilai mudah dan sangat praktis.

Siapapun nasabahnya jika ingin transfer uang ke bank BCA tidak perlu lagi menggunakan cara no 1 atau no 2. Anda dapat melakukan transfer uang lewat ATM, online banking atau juga SMS banking, caranya adalah dengan menekan kode bank BCA Swift Bank BCA, maka transfer uang selesai.

Baca juga : Perhatikan Hal Berikut Saat Menggunakan Daftar Kode Bank Indonesia Dalam Transaksi ATM

Cara Melakukan transfer menggunakan kode bank

Transfer uang menggunakan kode bank ini dinilai simple dan praktis, terutama untuk mereka yang sudah terbiasa menggunakan media online untuk melakukan transaksi.

Apabila Anda hendak mentransfer sejumlah uang tertentu ke rekening BCA, maka prosedur atau cara yang perlu Anda lakukan adalah dengan mencari tahu kode bank bca itu sendiri, seperti yang sudah dijelaskan di atas, kode bank BCA adalah 014.

Setelah mengetahui kode bank yang dimaksud maka Anda dapat pergi ke ATM, Anda juga dapat menggunakan SMS atau online banking untuk melakukan transaksi transfer uang tersebut. Anda hanya perlu masuk ke fitur transfer kemudian memilih hendak mentransfer ke bank sendiri atau antar bank. Pada kolom antar bank inilah Anda akan memasukkan kode bank dan juga no rekening yang dituju. Yang kemudian ditutup dengan memasukkan sejumlah angka yang hendak di transfer.

Artikel terkait : Daftar kode bank lengkap

Setelah semua prosedur dijalankan dengan baik, maka proses transfer selesai. Sebagai catatan, ketika Anda hendak melakukan transfer seperti ini, biasanya ada sebuah kolom pesan, dimana dapat Anda isi dengan pesan tertentu untuk si penerima uang atau tidak diisi juga tidak menjadi masalah. Jadi dengan menggunakan Daftar kode bank bca ini tentunya akan membuat para nasabah merasa nyaman untuk melakukan transaksi transfer antar bank.


EmoticonEmoticon