SAMBUT MotoGp 2016, Suzuki Siapkan Motor GSX-RR Terbaru

Ramdhan.web.id - Untuk mempersiapkan balapan MotoGp 2016, Suzuki sudah merancang motor terbarunya. Aleix Espargaro dan Maverick Vinales, yang merupakan pembalap andalannya, sudah siap berkompetisi dengan motor GSX-RR. Motor seri teranyar besutan Suzuki ini, diklaim bisa merajai arena balapan bergengsi tingkat dunia tersebut. Seperti apa kehebatan kuda besi salah satu perusahaan otomotif Jepang tersebut?

Suzuki GSX-RR diandalkan dalam kejuaraan MotoGp 2016

SAMBUT MotoGp 2016, Suzuki Siapkan Motor GSX-RR
Images creadit : www.autoevolution.com

Keberadaan motor terbaru itu, sebagai bukti kalau Suzuki sangat serius untuk merebut tahta tertinggi dalam ajang MotoGp. Sekaligus memberikan rasa optimisme kepada para penggemarnya. Sehingga mereka akan terus mendukung tim Suzuki. Memang di musim MotoGp 2015, tim Suzuki memang masih tertinggal dari Ducati, Honda dan Yamaha. Bahkan Espargaro dan Vinales harus tersingkir dari peringkat sepuluh besar pada klasemen akhir kompetisi tersebut.

Tapi Maverick Vinales sukses menjadi “Rookie of the Year”. Keberhasilan tersebut menjadi salah satu kebanggan bagi Suzuki. Pada ajang MotoGp, pihak Suzuki akan selalu berjuang, demi keberhasilan Aleix Espargaro dan Maverick Vinales. Davide Brivio akan memberikan berbagai arahan, untuk mendukung kehandalan pembalap tersebut, sebagai manajer tim. Kedua pembalap andalannya ini, mampu bersaing dengan sangat mengesankan. Sehingga layak mendapatkan ucapan selamat dan acungan jempol.

Rencana Suzuki untuk membawa motor terbarunya itu, secara resmi disampaikan pada pemeran otomotif EICMA di Milan, Italia. Agar bisa tampil baru, berbagai perubahan diterapkan pada bodi kuda besi ini. Tak hanya memoles penampilan luarnya saja, tapi juga merombak sektor mesinnya. Sehingga performa motor ini semakin meningkat.

Spesifikasi handal Suzuki GSX-RR

Spesifikasi handal Suzuki GSX-RR
Images creadit : news.motorplus-online.com

Dengan kehadiran motor GSX-RR, Suzuki seakan ingin menunjukkan ketangguhan produknya di laga MotoGp, yang akan digelar tahun 2016. Diandalkannya motor ini, disinyalir juga sebagai strateginya, guna mendongkrak angka penjualan motor Suzuki. Karena sebelumnya, cara tersebut juga dilakukan para rivalnya, seperti Honda dan Yamaha.

Motor Suzuki GSX-RR memiliki tampilan khas, dengan dominasi warna biru kehijauan, serta dipadukan dengan warna kuning. Warna kuning terus dipertahankan, sebagai ciri khas dari motor Suzuki yang berlaga di ajang MotoGp. Sebenarnya tidak terjadi banyak perubahan, dibandingkan generasi 2 tahun sebelumnya. Pada model motor baru ini dijumpai garis kuning, yang melingkari batok kelapa. Tetapi tampilannya dirancang dengan goresan garis tajam dan terlihat lebih dinamis.

Seperti sebelumnya, tulisan “Suzuki” tetap tampil mendominasi pada bodi motor ini. Tapi perbedaan mencolok terlihat di balik fairing-nya. Karena produsen  otomotif asal Negeri Sakura ini, sudah menerapkan girboks seamless. Sehingga perpindahan giginya, terasa lebih halus. Tentunya memudahkan pembalap untuk bersaing dengan para pembalap terbaik dunia di ajang MotoGp 2016.

Kemampuan ini sebanding dengan yang dimiliki oleh Yamaha dan Honda. Kedua pabrikan yang juga berasal dari Jepang ini, sudah lebih dulu berhasil dalam mengadopsi teknologi tersebut. Teknologi ini dipercaya bisa meningkatkan performa dari mesin motor  GSX-RR. Walaupun tidak dijabarkan mengenai detail informasi angkanya yang lebih pasti.Tetapi sudah terdengar sangat signifikan, untuk mengimbangi kehandalan tunggangan lawan. Termasuk bisa mengantarkan pembalap Suzuki meraih kemenangan.

Sejumlah perubahan signifikan terlihat pada tunggangan besutan Suzuki tersebut. Walaupun menerapkan motor bermesin datar  180 derajat. Tapi tetap akan terlihat gahar saat melaju di sirkuit balapan. Fitur Ride by wire telah disematkan pada motor terbaru Suzuki ini. Selain itu, memiliki sistem kontrol hingga 10 tingkat traksi, sehingga dapat disesuaikan dengan kebutuhan pembalap.
  
Keunggulan lain adalah disematkannya S-DMS atau Suzuki Drive Mode Selector dan juga ABS elektronik. Memang secara keseluruhan, Suzuki belum memaparkan segala spesifikasi dan fitur andalan pada motor teranyarnya. Tetapi dari sedikit bocoran tersebut, perubahan itu terlihat bisa menjadi ancaman, bagi banyak pembalap lain di kompetisi MotoGp.

Baca juga : SEJUMLAH Aturan Baru dalam MotoGp 2016

Kesiapan para pembalap, dengan tunggangan terbarunya, dianggap sudah mencukupi bagi tim Suzuki untuk menunjukkan taringnya di ajang MotoGp 2016, yang akan berlangsung di Qatar.  Memang belum ada jaminan akan kemenangannya. Tetapi langkah yang diusung Suzuki adalah tindakan nyata, untuk bisa menduduki peringkat teratas dalam ajang balapan motor paling bergengsi di dunia ini.


EmoticonEmoticon