Manfaatkan Kode Bank Mandiri Untuk Melakukan Berbagai Transaksi keuangan Anda

Manfaatkan Kode Bank Mandiri Untuk Melakukan Berbagai Transaksi keuangan Anda - Ingin melakukan transfer uang dengan cepat, kenapa tidak menggunakan kode bank saja? Ini adalah salah satu cara yang paling praktis, dan juga simple yang dapat Anda lakukan. Setiap bank yang ada di Indonesia tentunya mempunyai kode bank tertentu yang terdiri atas 3 deret angka

Bank Mandiri adalah salah satu bank terbesar di Indonesia yang juga mempunyai kode banknya sendiri, untuk  kode bank Mandiri adalah 008.

Fungsi kode bank,Kode bank berfungsi sebagai no identitas sebuah bank di Indonesia, sedangkan di dunia internasional kode yang akan digunakan oleh perbankan disebut dengan SWIFT.

Kode bank sendiri terdiri atas 3 deret angka. Angka-angka dikeluarkan oleh Bank Indonesia sebagai no indentitas bank yang ada di Indonesia.

Dengan demikian, ketika Anda hendak mentransfer sejumlah uang tertentu tidak perlu menuliskan nama bank yang dimaksud, melainkan kode bank terentu, maka mesin akan langsung mengetahui bank mana yang akan dituju.

Menggunakan kode bank ini dinilai lebih praktis dan juga simple, mengingat jika pada beberapa waktu yang lalu mentransfer uang hanya dapat digunakan secara manual. Maka menggunakan kode bank ini dinilai lebih simple dan praktis. Anda tidak perlu pergi ke bank untuk mentransfer sejumlah uang, cukup pergi ke ATM, SMS banking, atau juga dengan cara online banking.

Kode Bank Mandiri

Cara menggunakan kode bank Mandiri 

Cara menggunakan kode bank ini sederhana sekali :

  1. Pertama-tama Anda dapat memilih transaksi transfer menggunakan ATM, SMS atau online banking.
  2. Setelah itu Anda dapat memilih kolom transfer, untuk melakukan transfer secara online. Setelah menekan tombol transfer maka anda akan dihadadapkan dengan 2  pilihan transfer ke bank sendiri atau transfer ke bank lain.
  3. Jika Anda hendak melakukan transfer antar bank seperti ke bank  Mandiri maka hal pertama yang harus dilakukan adalah memasukkan no kode bank Mandiri tersebut.  Masukkan kode 008 untuk kode mandiri.
  4. Setelah itu Anda dapat memasukkan no rekening yang dituju, yang diakhiri dengan memasukkan sejumlah yang tertentu yang akan dikirim.  Ada sejumlah uang tertentu yang harus Anda bayarkan ketika mentransfer uang ke bank lainnya. Besarnya nominal yang harus Anda bayarkan itu tergatung dari kebijakan bank terkait.
Cara seperti ini tentu saja tergolong praktis, simple dan juga ekonomis, ketimbang Anda harus menyediakan waktu khusus untuk pergi ke bank hanya untuk mentransfer sejumlah uang. Menggunakan cara ini, membuat Anda dapat melakukannya dimana dan kapan saja.

Transfer uang seperti ini juga dapat digunakan untuk melakukan berbagai macam pembayaran, seperti listrik, telfon, pembelian barang secara online, pembelian tiket secara online, dll.

Baca juga : Daftar kode bank lengkap


Kelebihan menggunakan kode bank

Ada beberapa kelebihan yang akan Anda dapatkan ketika menggunakan transaksi menggunakan kode bank ini seperti :

1. Lebih praktis

Menggunakan kode bank seperti ini tentu saja jauh lebih praktis. Anda dapat melakukan transaksi ini kapan dan dimana saja, bahkan tanpa perlu ke luar rumah. Hal ini tentu saja sangat praktis terutama bagi Anda yang mempunyai banyak sekali kegiatan dan hanya mempunyai sedikit waktu untuk pergi ke Bank. Menggunakan cara ini juga akan membuat Anda mempunyai lebih banyak waktu luang untuk kegiatan lainnya.

2. Lebih ekonomis

Lebih ekonomis, sehingga Anda tidak perlu menyediakan waktu khusus untuk pergi ke bank atau bahkan menyediakan uang khusus untuk pergi ke bank. Hanya dengan menggunakan cara yang simple seperti ini, transaksi keuangan Anda akan cepat diselesaikan.

3.  Lebih simple

Lebih simple itu artinya Anda hanya perlu memasukkan sejumlah data tertentu maka transksi akan selesai dilakukan. Hal seperti ini tentunya akan sangat berbeda ketika Anda melakukan transaksi secara konvesional. Dimana Anda harus pergi ke bank untuk mengisi form transfer yang dilanjutkan dengan mengantri untuk menyetorkan sejumlah uang.

Baca juga : Perhatikan Hal Berikut Saat Menggunakan Daftar Kode Bank Indonesia Dalam Transaksi ATM

Jadi dengan adanya kode bank seperti ini Anda tidak perlu merasa pusing keta harus mentransfer sejumlah uang tertentu untuk membayar berbagai macam kebutuhan Anda. Cukup hanya menggunakan ATM, SMS, atau bahkan online banking. Kemudian memasukkan 3 digit angka kode bank Mandiri yaitu 008, memasukkan no rekening yang dituju dan terakhir memasukkan sejumlah uang yang hendak dibayarkan, maka transfer uang selesai!


EmoticonEmoticon