-->

6 Jenis Sambungan Pipa Air Rucika Terpopuler

Pipa air menjadi elemen yang penting untuk instalasi jalur air di berbagai bangunan mulai dari rumah hingga gedung-gedung komersial. Dalam pembuatan jalur air tersebut, kadang ada medan yang tidak lurus atau bahkan harus membelokkan aliran air tersebut. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, pipa tersebut perlu diberi sambungan, perubahan ukuran, belokan, hingga pengaturan cabang sambungan.

Pipa Air Rucika Terpopuler

Membuat sambungan pipa memerlukan ketelitian agar nantinya aliran air yang akan melewatinya dapat berjalan dengan lancar dan tidak ada kebocoran. Selain itu, Anda juga harus jeli dalam memilih tipe dan ukuran sambungan serta lem pipa yang akan digunakan.

Rucika sebagai salah satu merek pipa air yang sudah terpercaya selama bertahun – tahun di Indonesia juga sudah menghadirkan banyak pilihan sambungan pipa yang dapat digunakan sesuai kebutuhan. Berikut ini adalah beberapa jenis sambungan pipa PVC yang dihadirkan oleh Rucika.

Socket PVC

Ini adalah sambungan pipa yang banyak digunakan. Socket PVC berfungsi untuk menyambung 2 pipa yang memiliki diameter sama. Menurut jenisnya, socket dibagi menjadi 2 yakni socket tanpa ulir dan socket drat. Socket drat sendiri juga masih dikelompokkan lagi berupa socket drat dalam dan drat luar.

Elbow

Jenis sambungan pipa selanjutnya dari Rucika adalah Elbow. Jenis sambungan ini berfungsi untuk menghubungkan 2 pipa yang membelok. Elbow terdiri dari 2 jenis yakni elbow 45 derajat dan elbow 90 derajat. Untuk tipe penyambungannya juga terdiri dari 2 jenis yakni elbow drat dan elbow biasa.

Tee Stuck

Rucika juga menyediakan sambungan tee stuck atau sering dikenal sebagai sambungan T. Sambungan ini berfungsi untuk menyambung 3 pipa dan membentuk siku-siku. Sambungan T sering digunakan untuk percabangan pipa utama menjadi 2 yaitu ke kiri dan kanan. Varian lain dari tee stuck adalah Y stuck yang menyerupai huruf Y. Pemasangan sambungan Y stuck ini hampir sama dengan T Stuck dan dapat diperkuat dengan lem pipa.

Reducer

Reducer hampir sama dengan socket. Perbedaannya adalah reducer digunakan untuk menyambung pipa dengan diameter yang berbeda misalnya menyambungkan sebuah pipa dengan pipa lain yang diameternya lebih besar atau lebih kecil. Reducer terdiri dari 2 jenis yaitu reducer socket dan reducer elbow.

Water Mur 

Ini adalah jenis sambungan pipa Rucika yang merupakan variasi dari socket PVC. Tetapi water mur ini mempunyai mur pengunci di kedua ujung socketnya sehingga membuat sambungan pipanya lebih kuat. Water mur juga lebih mudah dilepas jika ingin mengganti pipa yang bocor.

Cross

Cross PVC adalah jenis sambungan pipa Rucika dengan 4 arah jalur. Bagian ini berfungsi untuk membagi satu jalur pipa ke tiga arah berbeda dengan pipa berdiameter sama yakni ke kanan, kiri, dan lurus ke depan. Penggunaan sambungan PVC ini akan membuat air mengalir ke 3 arah berbeda dengan jumlah aliran yang sama.

P-Trap Adapter PVC

Ini adalah jenis sambungan pipa Rucika dengan bentuk yang unik. Sambungan ini berfungsi untuk menyambung pipa di area yang sempit atau tidak beraturan. Penggunaan sambungan ini memungkinkan terjadinya beberapa sambungan pipa sekaligus dengan jarak yang cukup dekat.

Demikian beberapa contoh produk sambungan pipa air dari Rucika. Selain beberapa contoh yang sudah disebutkan di atas, Rucika sebenarnya masih memiliki beberapa produk sambungan pipa lainnya. 

Sambungan pipa tersebut dijual di pasaran dengan harga yang terjangkau tetapi memiliki kualitas yang tidak perlu diragukan lagi. Untuk memaksimalkan hasil sambungan tersebut dan menghindari kebocoran, pastikan Anda juga menggunakan lem pipa yang berkualitas.

0 Response to "6 Jenis Sambungan Pipa Air Rucika Terpopuler"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel