-->

HINDARI HAL INI UNTUK MEMASANG PANEL SURYA DI ATAP

Banyak panel surya saat ini dipasang di atap rumah, selain menghasilkan energi listrik tambahan, juga bisa untuk menghemat biaya pengeluaran listrik tiap bulannya. Namun sering kali orang yang memasang panel surya di atap rumahnya tidak mengetahui cara memasang dengan benar. Apakah pondasi rumah tersebut kuat? Terbuat dari apa tipe atapnya? Apakah kemiringan atapnya sudah tepat?

HINDARI HAL INI UNTUK MEMASANG PANEL SURYA DI ATAP

Sudah beberapa tahun terakhir ini masih banyak orang yang memasang panel surya di atap rumahnya secara tidak tepat. Untuk itu berikut beberapa hal yang harus Anda hindari saat memasang panel surya di atap rumah Anda.

Baca Juga : Bingung Memilih Jasa Pengiriman? Simak Tips Berikut Ini!

1. Memasang panel surya pada atap yang lama

Panel surya pada umumnya memiliki berat antara 5- 11 kg, tergantung seberapa besar ukurannya. Namun apa jadinya jika panel surya dipasang pada atap yang sudah usang? Kita tidak mengetahui apakah atap yg dipasang panel surya masih kuat? Genteng nya tidak rapuh? Terlebih lagi jika Anda memakai genteng yang terbuat dari asbes. Takutnya atap rumah Anda tidak kuat menahan beban panel surya sehingga membuat atap rumah menjadi roboh. Maka dari itu sebaiknya hindari memasang panel surya di atap yang mulai usang atau lama.

2. Menentukan arah yang tepat untuk memasang panel surya

Jangan asal sembarangan memasang panel surya di atap rumah Anda. Jika pemasangannya tidak tepat dengan arah matahari, maha energi yang dihasilkan akan tidak optimal. Oleh karena itu hindari pemasangan panel surya pada atap yang tidak mengarah pada matahari. Umunya panel surya dipasang mengarah kearah selatan atau barat untuk mendapatkan sinar matahari yang paling banyak.

3. Derajat kemiringan atap rumah

Seperti yang anda ketahui, atap rumah yang ada di Indonesia rata-rata memiliki kemiringan 30-40°. Sedangkan panel surya dapat menangkap sinar matahari minimal pada kemiringan 10°. Semakin miring atap, efisiensi panel surya berkurang.

4. Pemasangan Panel surya yang tidak rapi

Panel surya yang sudah diapasang diatap rumah anda jika dilihat dari luar mungkin akan terlihat rapi, namun pastikan Anda juga melihat dibalik panel surya tersebut. Takutnya ada kabel yang bisa menghambat jalur air pada genteng. Karena jika terkena air saat hujan turun, akan terkena konsleting listrik. Dan akan dapat memicu penyebab kebakaran. Oleh karena itu pastikan Anda memasangnya dengan benar dan rapi.

5. Tidak melakukan perawatan secara rutin

Banyak rumah-rumah yang sudah terpasang panel surya untuk menghasilkan energi yang ramah lingkungan, namun panel surya yang sudah terpasang harus mendapatkan perawatan secara rutin. Karena panel surya akan tertutup debu, sehingga akan mengurangi penyerapan sinar matahari. Dan juga harus di cek perawatan-perawatan lainnya.

Anda dapat melakukan penyewaan panel surya, dengan menyewa biasanya pemasangan juga akan dilakukan oleh tim teknis dari tempat sewa. Jika anda mencari tempat sewa panel surya berkualitas dapat dilakukan di sewatama.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel