Fakta HARBOLNAS Yang Perlu Anda Ketahui

Pernahkah anda mendengar tentang HARBOLNAS? Ya, HARBOLNAS sendiri merupakan Hari Belanja Online Nasional yang merupakan acara tahunan terbesar untuk semua eCommerce yang ada di Indonesia. Sering juga dinantikan oleh setiap pelanggan Indonesia sebagai momen berbelanja online. Namun tahukah anda apa-apa saja fakta dari HARBOLNAS ini? Untuk lebih jelasnya yuk simak pembahasan di bawah ini.

Fakta HARBOLNAS Yang Perlu Anda Ketahui

Dirayakan pertama kali pada tahun 2012

Tahukah anda bahwa HARBOLNAS dirayakan pertama kali pada tahun 2012 dengan jumlah partisipasinya adalah 7 eCommerce yaitu Bilna, Lazada, Berrybenka, Traveloka, Luxola, PinkEmma, dan Zalora. Sebenarnya pembentukan HARBOLNAS sendiri dilakukan secara tidak sengaja atau tidak terencana. Hal ini bermula saat terjadinya perbincangan di kedai kopi dan modal yang digunakan adalah modal sendiri. Selanjutnya mereka melakukan meeting dan kemudian berhasil mendapatkan dukungan sponsor dari Telkomsel dan Yahoo!.

Ide utama HARBOLNAS yang terinspirasi dari perayaan Online Fever, Cyber Monday, dan Black Friday di USA

Pada momen perayaan tersebut ternyata semua toko offline dan online memberikan penawaran menarik, bahkan ada yang membuka toko lebih lama jika dibandingkan dengan hari biasanya. Acara tahunan ini memang ditujukan agar mengedukasi masyarakat Indonesia untuk berbelanja secara online dengan nyaman dan aman. Hal ini dikarenakan pelaku belanja online yang ada di Indonesia pada saat itu masih tergolong rendah dibandingkan dengan total masyarakat Indonesia secara keseluruhan. 

Setiap tahunnya peserta HARBOLNAS melonjak pesat

Jika awalnya jumlah partisipan adalah 7 eCommerce saja, tetapi pada tahun 2013 acara tahunan ini telah diikuti sebanyak 22 eCommerce, di tahun 2014 sebanyak 78 eCommerce, di tahun 2015 sebanyak 142 eCommerce, dan pada tahun 2016 yang lalu telah diikuti 211 eCommerce. Tentunya hal ini telah menunjukkan jika sudah semakin banyak eCommerce di Indonesia yang berbanding lurus dengan jumlah masyarakat untuk berbelanja secara online.   

Hampir 100% masyarakat berbelanja fashion

Dari berbagai produk yang ditawarkan, ternyata produk fashion yang paling banyak dicari oleh masyarakat. Bahkan persentase pembeliannya hingga 98%. Bisa terlihat bahwa generasi milineal sebagai kelompok yang peka akan tren fashion kekinian. Sehingga tidaklah mengherankan jika ada banyak orang yang lebih memilih fashion ke dalam daftar belanjaannya. 

Awalnya HARBOLNAS lebih dikenal dengan perayaan 121212

Hal ini jelas dikarenakan HARBOLNAS pada saat itu hanya dirayakan pada tanggal 12 Desember 2012 yang dirayakan selama 24 jam saja. Tetapi saat ini perayaan itu bukan hanya 24 jam saja, namun semua eCommerce telah menyiapkan pra-event serta post-event untuk HARBOLNAS. Hal ini dikarenakan mereka sadar jika perayaan yang dilakukan setiap tahun ini dapat memberikan traffic dan jumlah sales yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan hari lainnya. 

0 Response to "Fakta HARBOLNAS Yang Perlu Anda Ketahui"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel