Perkembangan Janin dan dan Beberapa Makanan Sehat Bagi Ibu Hamil 12 Minggu

Perlu anda ketahui, bahwa pada masa perkembangan janin 12 minggu kehamilan, biasanya pada ibu hamil akan mulai timbul rasa percaya diri, dimana dia merasa menjadi lebih cantik, serta kulitnya menjadi lebih halus dan bercahaya.

Hal ini dikarenakan adanya peningkatan aliran darah serta aktivitas hormon selama kehamilan. Akhirnya, hormon dan aliran darah ke pembuluh darah bukan hanya bisa meningkatkan aktivitas kelenjar minyak dan membuat wajah anda menjadi lebih merona serta permukaan kulit menjadi lebih kencang dan halus. Namun terkadang hal ini justru bisa menyebabkan timbulnya jerawat.

Perkembangan Janin dan dan Beberapa Makanan Sehat Bagi Ibu Hamil 12 Minggu

Besar perut ibu pada kehamilan 12 minggu ini masih belum terlalu signifikan, dan janin belum membutuhkan banyak nutrisi sehingga berat badan anda tidak bertambah. Akan tetapi, ketika anda sudah memasuki 3 bulan masa kehamilan, janin akan mulai memiliki kebutuhan akan air, energi, serta nutrisi yang lebih besar.

Maka dari itu, anda perlu mempersiapkan pola makan serta gaya hidup tertentu yang bisa menaikan berat badan anda secara stabil. Karena biasanya, berat badan ibu hamil bisa bertambah terlalu cepat selama tahap awal kehamilan. Hal ini bisa terjadi karena anda memiliki pemikiran, bahwa anda makan untuk dua orang. Padahal sesungguhnya kebutuhan janin akan gizi tidaklah banyak.

Atau bisa jadi makanan yang anda konsumsi ketika hamil, mengandung banyak kalori. Sedangkan nutrisi ternyata hanya dibutuhkan bagi ibu hamil saja, bukan untuk janin yang ada dalam kandungan. Untuk itu, anda tidak usah merasa khawatir tentang berat badan, kecuali jika berat badan anda turun secara drastis.

Hal lain yang penting yang harus anda perhatikan ketika usia kehamilan 12 minggu, adalah selalu konsultasi ke dokter secara intens. Dalam hal ini, silahkan berkonsultasi dengan dokter untuk mengatur berat badan yang wajar dalam 6 bulan kedepan, dan pastikan berat badan anda stabil hingga bulan kedelapan, dan pastikan juga berat badan anda tidak bertambah lebih dari 15 kg selama kehamilan.

Anda juga bisa berkonsultasi dengan dokter tentang diet yang tepat sehingga bisa membantu anda supaya tetap langsing dan bisa menurunkan berat badan dengan mudah setelah melahirkan, dan sambil tetap memberikan nutrisi yang cukup bagi ibu hamil maupun janin.

Maka dari itu, anda harus menambah berat badan secara efesien serta meningkatkan kualitas makan dengan memperbanyak konsumsi makanan yang kaya akan nutrisi. Berikut beberapa makanan sehat bagi ibu hamil 12 minggu :

1. Magnesium

Sama halnya dengan kalsium, zat magnesium ini juga sangat penting untuk pertumbuhan tulang. Bahkan, menurut penelitian menunjukkan bahwa asupan magnesium ini pada trimester pertama sangat berpengaruh pada panjang, berat, serta lingkar kepala bayi setelah lahir. Selain itu, zat megnesium juga sangat penting dalam pembentukan otot-otot, termasuk otot rahim. Anda bisa mendapatkan asupan magnesium ini dari makanan seperti gandum, melon, kacang kedelai, kacang, dan sayuran hijau.

2. Vitamin B6

Perlu anda ketahui, bahwa sebagian ibu hamil sudah tidak mengalami morning sickness setelah bulan ke-3. Namun, jika anda masih mengalaminya, asupan vitamin B6 ini bisa mengurangi rasa tidak nyaman ini. Vitamin B6 ini bisa anda dapatkan di makanan seperti gandum, jagung, kacang, alpukat, ikan, ayam, daging, beras merah, dan pisang.

3. Vitamin B12

Vitamin B12 ini sangat penting untuk syaraf. Meskipun tidak membutuhkan jumlah yang banyak, namun jika anda kekurangan vitamin B12 ini bisa menyebabkan anemia serta kerusakkan syaraf. Untuk mendapatkan asupan vitamin B12 ini, anda bisa mendapatkannya di makanan seperti kacang kedelai dan daging.

4. Omega 3

Omega-3 ini merupakan asam lemak tak jenuh jamak (polyunsatured) yang tidak bisa diproduksi  sendiri oleh tubuh. Dan omega-3 ini terdiri dari beberapa jenis dan perannya masing-masing, seperti :
- Eicosapentaenoic acid (EPA), yang berfungsi untuk menghasilkan kimia eicosanoid dalam tubuh yang sangat berperan dalam menjaga kekebalan tubuh serta mengendalikan peradangan. EPA ini juga bisa membantu untuk meringankan gejala depresi.

- Docosahexaenoic acid (DHA), asam lemak ini merupakan salah satu komponen penting yang membangun 8% dari berat otak, sehingga DHA ini sangat diperlukan dalam pertumbuhan serta perkembangan otak. DHA ini tidak hanya dibutuhkan oleh anak-anak pada masa pertumbuhan saja, akan tetapi pada lansia juga untuk mencegah kerusakan otak seperti demensia.

- Alpha-Linolenic acid (ALA), asam lemak ini memiliki bentuk yang paling sederhana dibandingkan asam lemak omega 3 yang lainnya, sehingga ALA ini bisa dibentuk kembali menjadi EPA maupun DHA, dan sebagian besar ALA ini digunakan sebagai penghasil energi.

- Zat Omega 3 ini sangat penting bagi pertumbuhan otak dan mata. Dan Omega 3 ini banyak terdapat pada wijen, keju, susu, sayuran hijau, telur, kacang kedelai, tahu,makarel, sarden, dan ikan salmon.

5. Vitamin D dan Kalsium

Kedua zat ini sangat dibutuhkan sejak masa awal kehamilan, maka dari itu perbanyaklah mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin D dan Kalsium karena sangat penting bagi pertumbuhan tulang. Susu dan ikan merupakan makanan yang banyak mengandung kedua zat ini. Selain itu, Vitamin D ini bisa anda dapatkan dengan cara berjemur di sinar matahari pagi kurang lebih selama setengah jam setiap harinya. Jangan terlalu lama dalam berjemur, karena bisa menyebabkan resiko kanker kulit.

Mungkin itu saja informasi kali ini semoga ada guna dan manfaatnya.

0 Response to "Perkembangan Janin dan dan Beberapa Makanan Sehat Bagi Ibu Hamil 12 Minggu"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel