Cara Mengusir Tokek Dengan Cepat dan Nyaman di Rumah Anda

Tokek tentunya cukup mengganggu jika ada di sekitar rumah, terutama bagi keluarga yang memiliki anak. Anak kerap merasa takut terhadap hewan melata ini karena ukurannya yang lebih besar dibanding cicak. Jika ingin tahu cara mengusir tokek dengan cepat, sebenarnya ada beberapa trik yang bisa anda coba. Terkadang, trik untuk mengusir hewan ini terlihat sederhana, namun hasilnya cukup ampuh.

Cara Mengusir Tokek Dengan Cepat: Efek Psikologis

cara mengusir tokek dengan cepat

Tokek adalah hewan melata yang juga memiliki pemangsa. Nah, hewan ini akan merasa tidak nyaman atau takut jika ‘sesuatu’ berada di tempat persembunyiannya. Meski belum diteliti secara ilmiah, ada beberapa benda yang ternyata bisa memberi efek psikologis terhadap tokek, sehingga hewan ini akan memilih menjauh:

Cangkang Telur

Cangkang Telur

Mulai sekarang, jangan membuang cangkang telur jika anda memiliki masalah tokek di sekitar rumah. Percaya atau tidak, ternyata cangkang telur dapat dimanfaatkan untuk mengusir tokek dari rumah anda. Ternyata cangkang telur diyakini dapat memberi efek psikologis terhadap hewan melata ini. Tokek akan mengira cangkang telur tersebut sebagai hewan lain atau bahkan hewan pemangsa yang datang ke sarangnya. Akibatnya, hewan ini akan memilih mencari sarang baru.

Jadi, anda bisa menaruh cangkang telur di beberapa tempat sekaligus untuk mencegah datangnya tokek. Namun, jangan lupa untuk mengganti cangkang telur tersebut secara rutin. Jangan biarkan cangkang telur menumpuk dan justru menghasilkan area yang kotor.

Bulu Merak

cara mengusir tokek dengan bulu merak

Bahan ini terdengar unik dan tidak mudah ditemukan, bukan? Jika ternyata anda memilikinya, maka bulu merak akan sangat ampuh sebagai cara mengusir tokek dengan cepat dari rumah anda. Caranya mudah: siapkan beberapa helai bulu burung merak, dan kemudian taruh di tempat persembunyian tokek. Anda juga bisa menggantung atau menempelnya di tempat yang kerap dilalui tokek.

Anda tentu tahu bulu burung merak bukan? Motif dan warnanya dapat memberi efek psikologis bagi hewan melata ini. Tokek akan mengira bulu merak sebagai hewan lain, atau bahkan predator, sehingga ia akan memilih menjauh. Anda juga bisa menggunakan trik ini jika di rumah anda banyak cicak.

Cara Mengusir Tokek Dengan Cepat: Buat Tokek Tidak Nyaman
Cara lain untuk mengusir tokek dari rumah anda adalah dengan membuatnya tidak nyaman. Ada beberapa trik yang bisa dicoba, seperti:

  • Lampu terang; tokek biasanya menyukai area sekitar langit-langit rumah dengan pencahayaan yang minim. Hewan ini ternyata sangat sensitif terhadap cahaya. Nah, jika di rumah anda banyak tokek, maka cobalah memasang lampu yang lebih terang agar tokek menjauh.
  • Suhu ruangan; Reptil ini dikenal lebih menyukai udara lembab atau panas. Tokek tidak menyukai ruangan yang dingin, karena hewan ini tidak mampu beradaptasi dengan baik.  Pada siang hari, biasakan membuka jendela atau pintu agar sirkulasi udara berjalan baik, sehingga suhu ruangan lebih sejuk. Pada malam hari, anda bisa menggunakan kipas angin atau AC.

Sebenarnya, anda juga bisa menggunakan trik seperti membakar beberapa helai daun atau membuat suara bising yang mengganggu tokek. Namun, trik seperti ini juga bisa mengganggu kenyamanan anda dan keluarga, bukan?

Terakhir, cara mengusir tokek dengan cepat adalah dengan menjaga kebersihan rumah. Hewan reptil seperti tokek dan cicak menyukai tempat-tempat yang kotor, di mana banyak terdapat serangga kecil seperti nyamuk atau semut.

Dengan menjaga kebersihan lingkungan rumah, anda bisa mencegah berbagai jenis penyakit yang dibawa oleh nyamuk, sekaligus mencegah datangnya tokek yang dapat mengganggu kenyamanan anda dan keluarga.

0 Response to "Cara Mengusir Tokek Dengan Cepat dan Nyaman di Rumah Anda"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel