Inilah Sebab Ban Mobil Cepat Aus

Berkendara memakai mobil seperti yang dilakukan beritaoto.net memang sangat nyaman. Namun sudahkah Anda cek ban Anda sebelum berkendara dengan mobil kesayangan. Ya, ban merupakan salah satu bagian mobil. Meski memang memiliki fungsi yang amat vital, namun kebanyakan pemilik ban kerapkali tidak begitu memperhatikan kondisi bannya. Tak heran jika ban kerapkali bermasalah, entah itu aus atau seringkali bocor.

Tak bisa dipungkiri jika ban adalah salah satu faktor yang amat penting dalam hal keselamatan ketika berkendara. Bagi pemiliknya pun diharapkan untuk bisa menjaga dengan baik kondisi ban itu sendiri. Dengan kinerja yang paling berat, yakni menampung semua beban maka tak heran jika ban mudah sekali rusak. Sebetulnya ada beberapa alasan mengapa ban aus, diantaranya:

Inilah Sebab Ban Mobil Cepat Aus


1. Memacu kendaraan lebih dari kemampuan ban

Untuk penyebab pertama biasanya memang karena kesalahan dari para pengemudinya dimana kerapkali tak paham akan simbol yang ada di ban. Umumnya tiap pabrikan ban sudah memberikan penjelasan dan keterangan untuk bisa atur kecepatan maksimal yang bisa dipacu pengemudinya. Misal saja dengan simbol M yang maksimal adalah 130 km per jam. Jika dipacu lebih cepat dari itu dan sering, maka jangan heran jika ban tak awet.

2. Tidak tahu rotasi ban

Salah satu cara untuk ban bisa awet adalah dengan rotasi ban atau menukar ban. Namun ternyata banyak pemilik mobil yang masih tidak tahu untuk merotasi ban dengan tepat. Jika demikian, maka Anda harus tahu aturan benar bagaimana cara rotasi ban yang tepat.

3. Tidak berkendara dengan benar

Menginjak gas lalu tiba-tiba melakukan rem. Hal ini adalah salah satu faktor yang seringkali menyebabkan ban menjadi mudah sekali aus dan rata. Oleh karena itu ada baiknya mengemudi dengan standar yang tepat dan juga dengan benar sesuai aturan. Selain selamat, ban pun juga bisa lebih awet.

4. Tidak perhatikan tekanan angin ban

Tekanan angin pada ban ini begitu penting fungsinya. Mobil akan tetap aman dan ban juga tak akan mudah rusak jika tekanan tepat. Namun beda jika tekanan anginnya kurang dimana akan mengakibatkan pemborosan pada penggunaan dari BBM. Namun jika tekanan di ban terlalu keras, maka jangan heran jika ban mobil akan cepat rusak.

Jika ban sudah aus atau rata, maka segera lakukan penggantian ban demi keamanan Anda. Selain ban rata, tanda bahwa ban Anda sudah harus diganti yakni ketika di permukaan ban ada benjolan. Jika hal ini terus menerus dibiarkan, maka ban mobil akan berpotensi untuk meledak. Permukaan ban yang sudah retak pun harus dipertimbangkan untuk dilakukan penggantian. Dengan demikian maka diharapkan Anda akan aman dalam berkendara selalu.

0 Response to "Inilah Sebab Ban Mobil Cepat Aus"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel