Ulasan Seputar Jenis Perangkat dan Harga Audio Mobil untuk Kenyamanan Berkendara

Mobil merupakan alat transportasi yang umumnya digunakan untuk mengantarkan Anda dan keluarga atau teman untuk menempuh perjalanan jauh. Kenyamanan di dalam mobil sangat diperlukan baik untuk pengemudi dan penumpang apalagi jika jarak yang ditempuh cukup memakan waktu. Kebosanan ketika berada di dalam mobil bisa terjadi jika Anda tak memiliki fitur hiburan di dalamnya. Salah satu fitur hiburan wajib yang akan membawa perubahan besar dalam berkendara adalah seperangkat komponen audio mobil yang bisa memberikan Anda hiburan ketika melakukan perjalanan. Harga audio mobil sangat beragam tergantung dari jenis dan kualitasnya sehingga Anda bisa membeli yang mana sesuai dengan budget Anda.

Untuk membuat sebuah perangkat audio yang bisa Anda gunakan untuk memainkan dari berbagai sumber media seperti USB, CD, ataupun mp3 player, Anda harus memiliki yang namanya head unit. Head unit inilah mesin pemutar file sehingga semua sumber musik bisa dimainkan di dalam mobil Anda. Mungkin Anda mengenal head unit ini dengan sebutan tape atau player. Di sana terdapat kontrol terhadap file yang diputar misalnya tombol next, prev, stop, atau pause dan juga kontrol terhadap volume. Tanpa head unit, Anda tak bisa memutar file musik meski memiliki speaker atau amplifier. Harga sebuah head unit sangat tergantung dari merk, kualitas serta fitur yang diberikan. Dijual dengan kisaran Rp. 550 ribu hingga Rp. 1,5 juta.

Selain head unit, untuk bisa memperdengarkan musik di mobil Anda, masih diperlukan beberapa komponen lainnya diantaranya:

Ulasan Seputar Jenis Perangkat dan Harga Audio Mobil untuk Kenyamanan Berkendara


1. Power amplifier.
Perangkat ini bisa Anda tambahkan jika perangkat amply buatan pabrik tidak bisa memenuhi keinginan kualitas suara Anda. Ada beberapa jenis power amplifier yang bisa Anda pilih di pasaran yaitu:

Monoblok.
6 channel.
4 - 5 channel.
2 - 3 channel.

2. Speaker.
Perangkat inilah yang menjadi perangkat terpenting kedua setelah head unit. Dengan speaker Anda akan dapat mendengar musik yang dimainkan dari head unit. Ada beberapa jenis speaker mobil yang bisa Anda gunakan sesuai dengan selera dan kualitas musik yang diinginkan. Jenis speaker tersebut akan mempengaruhi harga audio mobil secara keseluruhan. Berikut ini adalah beberapa jenis speaker yang umum digunakan:

Speaker coaxial.
Terdiri dari midrange dan tweeter dalam satu perangkat. Umumnya berbentuk bulat yang dipasang dengan cara ditempel pada dinding kendaraan. Dapat dihubungkan langsung dengan head unit sehingga lebih mudah untuk diinstal tapa crossover. Perhatikan pemilihan speaker agar sesuai dengan lubang pada dinding mobil Anda. harga speaker coaxial per unitnya sekitar Rp. 200 ribu hingga Rp. 500 ribuan.

Speaker split.
Merupakan jenis speaker yang memiliki komponen terpisah untuk tweeter, crossover dan midrange. Untuk komponen midrange tetap dipasang di dinding pintu mobil, untuk crossover dipasangkan di bawah karpet mobil, sedangkan untuk tweeter dipasang di dashboard depan mobil. Harga ketiga komponen tersebut jika dijadikan satu paket sekitar Rp. 1,5 juta hingga Rp. 6 jutaan.

Untuk mendapatkan sebuah komponen audio yang berkualitas dalam mobil Anda, membeli dengan harga audio mobil yang mahal saja bukanlah jaminan. Ada banyak faktor yang mempengaruhi kualitas suara yang dihasilkan misalnya peredam suara, pemasangan audio hingga letak speaker-speaker tersebut. Karenanya sebaiknya Anda melakukan pembelian langsung di bengkel aksesoris dan langsung memasangnya dengan masa garansi dibandingkan membeli dari toko online dan memasangkannya sendiri.

0 Response to "Ulasan Seputar Jenis Perangkat dan Harga Audio Mobil untuk Kenyamanan Berkendara"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel