Keseruan Menyusuri Curug Cipanji, Surga Tersembunyi di Selatan Bandung

Keseruan Menyusuri Curug Cipanji

Sejak dulu, Bandung sudah terkenal dengan bentang alam pegunungan yang sangat menawan, lengkap dengan suasana yang sejuk dan nyaman. Dengan pesonanya ini, maka tak heran kalau seorang psikolog asal Belanda bernama M.A.W Brouwer sampai melontarkan pujian melegenda yang berbunyi ‘Bandung tercipta ketika Tuhan sedang tersenyum’. Kalimat ini diamini oleh banyak orang yang rajin berkunjung ke Bandung di akhir pekan untuk menikmati pesonanya.

Sangking banyaknya pesona yang ada di Bandung, akan sulit menghitung berapa jumlah destinasi menarik yang ada di kota berjuluk Paris van Java ini. Beberapa destinasi tersebut ada yang sudah terkenal dan memiliki fasilitas mumpuni, ada juga yang letaknya masih sangat tersembunyi dan keberadaannya jarang diketahui wisatawan.

Salah satu destinasi menarik yang letaknya masih sangat tersembunyi tersebut adalah curug Cipanji. Air terjun ini berada di Desa Tenjolaya, Pasir Jambu, Ciwidey, Kabupaten Bandung. Curug ini memiliki kontur yang bertingkat. Mulai dari air terjun dengan ketinggian 6 meter sampai 25 meter bisa kamu jumpai. Ada pula air terjun yang sedikit landai sehingga menyerupai sebuah wahana perosotan air yang biasanya ada di waterpark. Dengan air yang sangat jernih, bersih, dan dingin, kamu pun bisa mandi di sini dan bermain di perosotan alami tadi.

Belum cukup sampai di situ, kamu juga masih bisa merasakan udara yang sangat sejuk dan bersih, mendengarkan kicauan burung dan serangga yang saling bersahutan, suara air yang terjun dari atas tebing dan mengalir diantara bebatauan, serta pemandangan yang sangat cantik.

Pemandangan yang indah tadi tersaji berkat adanya hutan yang masih alami. Ada juga perkebunan teh hijau berbukit yang terlihat seperti bukit dalam tayangan TV anak berjudul
‘Teletubbies’.

Tapi tunggu dulu, bukan hal itu saja yang membuat Curug Cipanji menjadi terasa sangat istimewa. Masih ada kesan lainnya yang ditawarkan air terjun ini kepada setiap pengunjung yang datang, yaitu perjalanan untuk sampai ke sana.

Dengan lokasinya yang tersembunyi, kamu tidak akan dapat sampai di sana dengan mudah. Soalnya, tidak ada akses jalan untuk pejalan kaki yang memadai, apalagi untuk kendaraan. Kamu pun dituntut untuk berjalan selama sekitar satu jam sambil menyusuri kebun, tepian sungai, dan hutan. Bahkan, kamu pun akan dipaksa mencemplungkan diri untuk menyebrangi sungai sedalam lutut orang dewasa karena tidak ada jembatan penyebrangan di sana. Meskipun akan menguras waktu dan tenaga, perjalanan menuju Curug Cipanji justru akan menjadi cerita yang menarik.

Untuk mengawali perjalanan ini, kamu harus menitipkan kendaraan di rumah atau warung milik warga setempat yang berada di perkebunan teh. Sebagai bentuk terima kasih, kamu dapat memberikan sedikit uang sambil membeli jajanan yang ada di warung tersebut sebagai bekal diperjalanan. Bila menitipkan kendaraan di rumah warga, kamu bisa meminta bantuan mereka untuk menyiapkan makanan dengan memberikan sejumlah uang. Makanan tersebut bisa kamu santap sepulang dari Curug Cipanji. Namun hal ini bisa dilakukan jika kamu melakukan pendekatan terhadap warga tersebut terlebih dahulu.

Setelah itu, kamu bisa memulai perjalanan dengan menyusuri kebun teh yang ada di sana. Hamparan kebun teh yang hijau ini akan jadi pengantar perjalanan yang indah. Setelah sekitar 20 menit berjalan, barulah kamu akan menemukan hutan yang cukup lebat. Tapi sebelum benar-benar memasuki hutan, kamu akan menemukan bangunan yang sangat kecil. Bangunan tersebut bisa jadi rest area sebelum melanjutkan perjalanan.

Saat pertama kali memasuki hutan, kamu masih mudah bertemu dengan warga setempat. Hal ini karena di titik tersebut masih terdapat perkebunan warga. Setelah 10 menit berjalan dari warung yang kamu temukan di perjalanan, barulah kamu benar-benar masuk ke hutan yang lebih lebat dan menyusuri sungai berbatu. Sekitar 30 menit kemudian, barulah kamu akan sampai di air terjun yang dimaksud.

Air terjun yang satu ini sangat cocok untuk orang urban yang ingin melepas kepenatannya setelah melewati rutinitas yang padat. Soalnya, keberadaannya benar-benar tersembunyi di tengah hutan dan jauh dari hingar bingar. Dengan suasana yang alami, Curug Cipanji bisa membuat pikiran kamu menjadi segar kembali.

Makanya, kalau kamu lagi merasa bosan dan penat, reservasi tiket pesawat Lion Air atau tiket Batik Air ke Bandung dari sekarang. Untuk bepergian di dalam kota, kamu bisa menyewa kendaraan atau menggunakan transportasi umum yang berlimpah di Bandung. Tapi bila kamu berasal dari daerah yang tidak terlalu jauh dari bandung, kamu bisa datang ke sini melalui jalur darat.

Dengan melakukan reservasi tiket pesawat Lion Air atau tiket Batik Air di reservasi.com, kamu bisa mendapat penerbangan ke Bandung dengan penawaran harga terbaik. Selain itu, reservasi.com juga menyediakan layanan pemesanan kamar hotel dengan harga yang murah

Baca juga : Menikmati Sensasi Wisata Pasar Terapung di Berbagai Penjuru Indonesia


EmoticonEmoticon