Beberapa Tips Mencuci Baju Batik Dengan Mudah

Sekarang ini kain batik merupakan salah satu kain yang banyak digemari oleh masyarakat baik dari kalangan orangtua hingga juga yang muda. Hal ini tidak lepas dari upaya semua pihak yang turut untuk mengembangkan batik agar dicintai lagi oleh masyarakat, salah satu caranya adalah membuat berbagai macam fashion yang lebih trendi menggunakan bahan batik. Misalnya saja beragam pakaian yang mempunyai model anak muda seperti rok, dress, dan masih banyak lagi. Kemudian ada juga bentuk topi, tas, dan beragam aksesoris yang menggunakan bahan batik.

Akan tetapi salah satu dari kelemahan dari bahan batik ini adalah warnanya yang mudah luntur. Tentu saja hal tersebut tidak berlaku untuk batik tulis yang mempunyai harga yang sangat mahal dan memerlukan proses yang panjang untuk membuatnya. Akan tetapi untuk batik cap dan juga batik printed sangat mudah luntur dan warnanya yang cepat pudar.

Oleh karena itu ada beberapa tips sebelum Anda akan mencuci pakaian dari bahan batik ini, antara lain:

- Perhatikan jenis batik pada pakaian Anda, apabila merupakan bahan batik yang mudah luntur maka lebih baik untuk memisahkan dengan jenis yang lain ketika akan mencuci baju.
- Jangan merendam kain batik terlalu lama karena warnanya akan cepat kusam sehingga tidak terlihat motif batik yang ingin ditonjolkan. Akan tetapi hal ini tidak berlaku untuk batik tulis yang harganya mahal dimana jenis ini mempunyai warna yang sangat awet.
- Gunakanlah mesin cuci atau juga dapat mencuci dengan tangan asalkan dengan catatan tidak menggosok bahan batik dengan keras menggunakan sikat cuci pakaian.

Dan hal yang paling utama dalam mencuci pakaian jenis batik ini adalah dengan memilih deterjen yang tepat. Pemilihan deterjen yang dipilih akan mempengaruhi warna batik, keharuman, dan juga tekstur dari bahan kain batik tersebut. Salah satu merek deterjen yang dapat dipilih misalnya Attack yang mempunyai banyak kelebihan seperti berikut ini:

- Mempunyai banyak jenis detergen dari bubuk hingga cair.
- Dapat dan cocok sekali digunakan untuk mencuci di mesin cuci.
- Mempunyai wangi yang harus karena sudah plus pewangi dan pelembut sehingga lebih hemat.
- Merupakan detergen konsentrat dimana merupakan jenis deterjen yang lebih ramah lingkungan.
- Menghasilkan busa yang banyak walaupun hanya memberikan sedikit detergen pada rendaman baju.

Dan yang paling penting adalah merek detergen Attack ini mempunyai varian produk khusus yang bisa digunakan untuk mencuci pakaian dari bahan batik. Produk tersebut adalah Attack Batik Cleaner dengan natural plant oriented. Produk ini memang diciptakan khusus untuk mencuci pakaian dari bahan batik sehingga menjaga warnanya agar tidak mudah luntur. Selain itu juga menawarkan kain batik yang dicuci dapat lebih lembut dan wangi yang segar.

Mencuci Baju


EmoticonEmoticon