Kenali Premi Dalam Asuransi Kesehatan

Di dunia asuransi kesehatan dikenal istilah premi yang merupakan uang yang harus diberikan secara rutin sesuai kontrak kerjasama, oleh nasabah yang posisinya sebagai penanggung kepada pihak penyedia layanan asuransi. Terkadang orang bingung seperti apa sebenarnya premi itu dan faktor yang mempengaruhi besarannya. Ini penjelasannya untuk Anda!

Kenali Premi Dalam Asuransi Kesehatan

Fungsi Dan Faktor Yang Berhubungan Penting Dengan Premi

Setelah Anda memilih asuransi kesehatan yang bagus, hal selanjutnya yang harus dilakukan tentu mengikuti pola penggunaan asuransi tersebut. Hal utama yang harus dilakukan adalah membayar premis yang sudah ditetapkan di awal kontrak kerjasama. Premi memiliki fungsi sangat penting dan faktor yang berhubungan langsung dengan besarannya.

1. Fungsi Premi

Premi di dunia asuransi kesehatan memiliki fungsi sebagai tabungan bagi penanggung yang dibayar setiap bulan atau sesuai kontrak, yang bisa dicairkan saat dibutuhkan. Contohnya Anda atau anggota keluarga yang diasuransikan menderita sakit dan harus menjalani rawat jalan, maka pihak asuransi akan menanggung biayanya sesuai premi yang sudah dibayar sebelumnya.

2. Faktor Yang Berhubungan Dengan Besaran Jumlah Premi
Ada dua hal yang mempengaruhi besaran dari premi asuransi kesehatan. Yaitu sesuai item asuransi, dan kondisi dari pihak tertanggung.

- Item

Sama halnya dengan cara memilih reksa dana, pada asuransi kesehatan semakin lengkap dan bagus item asuransi kesehatan yang dipilih maka premi akan semakin tinggi. Sebagai contoh, Anda pilih asuransi kesehatan penyakit kritis, akan beda preminya dengan asuransi kesehatan penuh.

- Kondisi tertanggung

Ada beberapa kondisi Anda sebagai tertanggung yang membuat biaya premi jadi semakin meningkat. Seperti memiliki penyakit tahunan akan lebih tinggi membayar jika dibandingkan orang sehat. Atau perokok akan membayar premi lebih dari orang yang bebas rokok. Hal itu sesuai dengan aturan dari masing-masing perusahaan asuransi kesehatan.

Dengan adanya pengetahuan lebih seputar premi asuransi kesehatan maka Anda akan lebih jeli dalam memilih jenis yang sesuai, terutama dari segi finansial. Sebab premi harus dibayar rutin, jika menunggak pastinya aka nada sanksi yang diberikan oleh pihak asuransi.

0 Response to "Kenali Premi Dalam Asuransi Kesehatan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel