Kebiasaan Mendengarkan Musik Keras Berbahaya bagi Pendengaran

Telinga merupakan salah satu organ panca indera yang sangat penting. Jika telinga mengalami kerusakan, maka Anda akan mengalami masalah kurang pendengaran sebelah, bahkan mengalami ketulian. Namun, banyak orang yang tidak memperhatikan kesehatan telinga dan masih mendengarkan suara musik yang terlalu keras.

Kebiasaan Mendengarkan Musik Keras Berbahaya bagi Pendengaran


Kebiasaan mendengarkan musik terlalu keras akan merusak cara kerja telinga, sehingga menyebabkan sistem pendengaran mengalami masalah. Berikut beberapa hal yang terjadi di telinga saat mendengarkan musik terlalu keras.

• Telinga menerima vibrasi terlalu keras

Beberapa saat setelah musik dimulai, telinga bagian luar akan menambah gelombang suara dan menyalurkannya ke gendang telinga yaitu membran tipis berbentuk kerucut di dalam telinga. Gelombang suara tersebut akan menggetarkan gendang telinga, sehingga Anda dapat mendengarkan suara tersebut. Semakin keras suara yang didengarkan maka gelombang yang disalurkan juga semakin hebat, sehingga getaran gendang telinga juga semakin hebat. Jika terjadi berulang kali dapat menyebabkan gangguan sistem pendengaran.

• Benturan gelombang suara

Gendang telinga yang bergetar dapat menekan tulang kecil pada telinga bagian tengah atau ossicelis. Ketika getaran suara terlalu kencang, maka ossicelis akan bergerak tidak beraturan sehingga menyebabkan gelombang pada carian koklea.

• Getaran menuju otak

Gelombang liar dalam koklea dapat menyebabkan getaran pada rambut-rambut halus di dalamnya. Getaran ini akan diubah menjadi energi listrik yang menyebabkan pelepasan zat kimia pada jaringan saraf. Jaringan saraf kemudian menghasilkan lonjakan listrik dan membawanya ke sel otak yang bertugas menangkap sinyal suara.

• Sinyal turun

Gelombang suara yang terlalu keras dapat menyebabkan rambut-rambut halus di dalam koklea berkerja terlalu keras. Bahkan rambut halus tersebut akan berkerja secara tidak normal, sehingga tidak dapat mengirimkan sinyal suara dengan baik. Jika Anda terus mendengarkan musik terlalu keras, cepat atau lambat rambut-rambut halus akan kelelahan dan mati

• Suara berdenging

Jika otak tidak menerima sinyal yang seharusnya, maka jaringan saraf otak akan memproduksi sinyal abnormal. Anda akan mendengarkan suara berdenging saat mengalami masalah kurang pendengaran sebelah. Sebaiknya segera kurangi mendengarkan musik terlalu keras, sebelum telinga Anda mulai mendengarkan suara berdenging.

0 Response to "Kebiasaan Mendengarkan Musik Keras Berbahaya bagi Pendengaran "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel