Bumil Wajib Tahu 7 Tanda-tanda Melahirkan Berikut Ini!

Memasuki masa kehamilan minggu-minggu terakhir pastinya membuat para wanita mulai dilanda kecemasan bukan, karena kapan saja nantinya buah hati mungkin akan lahir. Sehingga bagi yang bekerja dianjurkan untuk mulai mengajukan cuti melarikan ini. Bagi yang masih awam atau baru saja merasakan kehamilan pertamanya tentu jadi hal yang sangat mendebarkan bukan, apalagi banyak sekali cerita mengenai persalinan yang cukup menakutkan, apalagi ini adalah perjuangan antara hidup dan mati seorang ibu. Paling tidak Anda wajib untuk mengetahui tanda-tanda melahirkan.

Banyak bumil yang belum dibekali dengan pengetahuan semacam ini, sehingga terkadang proses persalinan mereka tidak berlangsung secara lancar dan memiliki berbagai macam resiko, baik itu untuk bumil sendiri maupun bayi yang akan lahir tersebut. Kenali terlebih dahulu beberapa tanda HPL berikut ini, yaitu:



  • Keluar lendir yang berlebihan dari kemaluan, pada saat memasuki HPL memang tidak bisa dipungkiri jika seandainya tubuh akan memproduksi hormon progesteron lebih banyak dibandingkan dengan sebelumnya, hal ini ditujukan agar nantinya jaringan di sekitar serviks atau leher rahim tersebut menjadi lebih lunak. Sehingga memicu produksi lendir yang berlebihan. Namun jangan khawatir ini adalah hal yang normal terjadi, bukan karena keputihan atau yang lainnya, selama lendir tersebut berwarna bening.
  • Rasa nyeri di bagian selangkangan, tanda-tanda melahirkan lainnya yang begitu jelas terasa adalah nyeri yang terjadi pada bagian selangkangan. Hal ini disebabkan karena posisi kelapa janin yang sudah berputar ada di bagian bawah, sehingga mempermudah nantinya jika ingin keluar atau dilahirkan ke dunia. Hal ini juga akan memicu rasa ingin selalu buang air kecil yang dialami oleh wanita yang sedang hamil, karena bagian kepala bayi menekan ke kandung kemih, sehingga selalu kontraksi.
  • Rasa pegal atau sakit di tubuh bagian belakang, khususnya bagian pinggang dan juga punggung akan terasa begitu nyeri, hal ini terjadi disebabkan oleh pergeseran dan juga pergerakan janin, sehingga menekan tubuh bagian belakang tersebut. Pada bumil hal ini menjadi tanda bahwa persalinan nantinya akan terjadi beberapa jam mendatang.
  • Keluar flek darah pada lendir, selain lendir yang keluar dari kemaluan hal ini tak jarang akan disertai juga dengan lendir. Hal ini sebenarnya menandakan sudah ada proses pembukaan rahim. Jadi bumil sudah harus di bawa ke rumah sakit untuk segera mendapatkan pertolongan lahiran.
  • Kontraksi, hal yang paling umum terjadi pada wanita yang akan melahirkan, yaitu ada rasa sakit atau mulas di bagian perut, semakin lama rasa mulas tersebut akan menjadi semakin kuat. Umumnya kontraksi akan terjadi secara bertahap yaitu muncul setiap 15 hingga 20 menit sekali kemudian hilang dan berlangsung secara terus menerus sampai masuk fase melahirkan.
  • Pecahnya air ketuban, pecahnya air ketuban ini akan diiringi dengan kontraksi, sehingga bayi sudah siap untuk keluar dari dalam perut ibunya.
  • BAB encer, semua bagian tubuh akan bersiap untuk menghadapi persalinan, tidak terkecuali juga usus besar sehingga sering kali juga keluar kotoran dari perut atau BAB yang encer, jangan khawatir ini adalah hal yang normal terjadi.


Kenali tanda-tanda melahirkan tersebut apalagi jika seandainya usia kehamilan sudah masuk ke minggu-minggu terakhir, maka semua orang harus siap sedia untuk menunggu datangnya buah hati. Hendaknya harus ada orang yang selalu mendampingi selama proses bersalin ini.

0 Response to "Bumil Wajib Tahu 7 Tanda-tanda Melahirkan Berikut Ini!"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel