Mengenal pH pada Sabun bayi

Setiap orang tua pasti berharap untuk memberikan yang terbaik bagi buah hati mereka. Mulai dari hal terbesar seperti pendidikan dan kualitas hidup hingga mengenai produk pilihan yang mereka gunakan. Sabun bayi, tentu saja menjadi salah satu diantaranya. Pemilihan produk sabun untuk bayi ini memang berbeda dengan pada orang dewasa. Produk yang dipilih sebaiknya merupakan sabun bayi tidak pedih dimata serta memiliki pH yang tepat.

Mengenal pH pada Sabun bayi

Berbicara mengenai pH pada sabun lembut untuk bayi. Masih banyak orang tua yang belum paham mengenai pentingnya memperhatikan kandungan asam pada sabun bayi tersebut. Untuk itu, di bawah ini kami akan memberikan ringkasan untuk mengenal pH pada sabun bayi.

Pengertian pH

pH atau potential hydrogen menunjukan seberapa basa atau asam sebuah substansi. Semakin rendah nilai pH, menunjukan bahwa substansi tersebut memiliki sifat yang lebih asam. Sedangkan semakin besar maka tingkatan basa pun lebih tinggi pula. pH ditunjukan dengan skala 0-14. Kulit bayi sendiri memiliki pH rata-rata sebesar 5,5.

Hubungan pH dan Kulit

Seperti juga banyak hal lain, kulit manusia memiliki pH sendiri. Sebenarnya bukan kulit yang memiliki pH, namun keringat dan juga kelenjar sebaceous di kulit. Keasaman pH pada kulit manusia ini berada di skala netral, yaitu 7. Ini merupakan pH yang sama dengan air. Menjaga pH kulit tetap netral sangat penting untuk menghindari munculnya masalah kulit.

Disebutkan di atas, bayi memiliki pH lebih rendah yaitu 5,5. Ini terjadi karena luas permukaan kulit bayi lebih besar serta derminya pun lebih tinggi. Selain itu juga hydrolipidic film pada kulit bayi pun lebih tipis. Kadar pH kulit bayi yang lebih asam inilah yang menyebabkan mudah terjadi iritasi, ruam, hingga reaksi alergi pada bayi.

Baca Juga : Pentingnya Zat Besi Untuk Pertumbuhan dan Perkembangan Anak

Memilih sabun lembut untuk bayi memang penting. Namun selain itu, juga penting untuk memastikan pH sabun mandi sesuai dengan kulit bayi. Sabun yang digunakan oleh orang dewasa memiliki pH rata-rata 9. Ini tentu saja terlalu basa untuk kulit bayi sehingga dapat memunculkan iritasi.

0 Response to "Mengenal pH pada Sabun bayi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel