5 Jenis Olahraga yang Paling Cocok untuk Para Ibu Hamil

Masa kehamilan merupakan salah satu tahap yang cukup menegangkan untuk para calon ibu. Umumnya pada masa ini perasaan wanita akan menjadi lebih sensitif dikarenakan berbagai macam faktor. Salah satunya adalah karena proses perubahan tubuh yang semakin membengkak karena janin yang ada di dalam rahim juga terus membesar. Untuk menjaga kondisi fisik para ibu hamil maupun janin yang dikandungnya, akan lebih baik jika Anda melakukan olahraga secara rutin. Akan tetapi, tidak semua jenis olahraga boleh Anda lakukan karena jika salah, justru dapat membahayakan calon buah hati Anda. 

Hasil gambar untuk olahraga ibu hamil
 
Selain mengurangi resiko kegemukan, olahraga juga membuat tubuh ibu agar tetap terlihat segar dan yang terpenting adalah membantu pada saat pelepasan hormon endorfin agar para wanita hamil tetap tenang dan bahagia. Untuk itu, berikut ini akan kita bahas 5 jenis olahraga terbaik yang paling cocok untuk para wanita hamil, antara lain:

  1. Jalan kaki. Baik jalan kaki yang dilakukan pada pagi atau sore hari, hal ini sangat baik untuk melatih jantung janin Anda agar lebih sehat. Anda dapat melakukannya selama 3 hari dalam seminggu dengan batas waktu sampai 30 menit.
  2. Pilates. Jenis olahraga yang satu ini akan membantu Anda agar tetap rileks pada saat melahirkan. Selain itu, manfaat lain dari pilates juga dapat mengurangi sakit punggung, kram otot dan melancarkan proses persalinan.
  3. Kegel. Selain untuk memperkuat otot bagian bawah panggul, melakukan senam kegel selama masa kehamilan juga dapat memicu produksi hormon relaksin yang nantinya akan berfungsi untuk melembutkan ligamen dan sendi sehingga proses kelahiran bayi menjadi lebih mudah.
  4. Aerobik atau zumba. Meskipun kedua jenis olahraga ini terkenal harus bergerak aktif, namun, khusus untuk para ibu hamil hanya disarankan mengikuti beberapa gerakan yang membuat nyaman saja. Hal ini akan sangat membantu tubuh selama kehamilan agar tetap bugar.
  5. Yoga. Tujuan utama dari olahraga ini adalah untuk mengurangi ketegangan dan meningkatkan mood baik bagi para wanita hamil.

Selain beberapa jenis olahraga di atas, para ibu hamil juga dapat melakukan renang untuk mengurangi resiko kecelakaan yang dapat terjadi pada masa kehamilan. Hal ini dikarenakan tekanan saat berada di air dapat memberikan kemudahan bagi para ibu untuk bergerak. Melakukan sepeda stasis juga dapat menjadi pilihan terbaik agar kondisi tubuh tetap bugar dan kegiatan bersepeda ini juga sangat baik untuk membantu meningkatkan aliran oksigen ke dalam otak bayi Anda.

Itulah ulasan mengenai 5 jenis olahraga yang cocok untuk para ibu hamil. Anda dapat menjadikannya referensi jika sedang memasuki masa kehamilan. Dengan memilih salah satu atau menjalani semua jenis olahraga di atas secara rutin, sudah pasti Anda dan janin akan selalu sehat serta lancar pada saat proses persalinan nantinya.
SHARE

About Eka Frasisca

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar