Hindari Kesalahan Fatal Latihan Dasar Panggul yang Sering Dilakukan Pemula

Mungkin Anda sudah sangat sering sekali mendengar jenis olahraga senam kegel, kegiatan ini hanya merupakan gerakan sederhana tetapi bisa membantu kesehatan dan kekuatan otot panggul. Atau mungkin lebih mengenal dengan latihan dasar panggul untuk memperkuat otot? Nah, apapun itu sebutannya yang paling penting mempunyai fungsi yang sama yaitu membuat otot daerah panggul lebih kuat lagi dan kinerja membaik. Hal ini penting sekali dilakukan, apalagi para orang dewasa dengan masalah yang terjadi disekitar otot tersebut. 


Meskipun senam kegel sudah sangat dikenal ternyata masih banyak orang pula yang belum paham apa tujuan dan fungsi gerakan tersebut. Untuk saat ini memang banyak sekali manfaat yang diperoleh, seperti:

  • Melatih otot supaya lebih dapat mengontrol keluarnya urine secara normal, tidak heran memang pertama kali dilakukan untuk para perempuan yang bermasalah dengan hal tersebut.
  • Untuk meningkatkan hubungan intim antara pasangan, karena saat penetrasi dan urine keluar itu akan mengurangi kenikmatan.

Nah, dari dua tujuan tersebut sudah ada banyak orang yang merasa tertarik untuk melakukannya. Namun hal itu tidak diimbangi dengan pemahaman mereka mengenai panduan atau langkah-langkah yang tepat. Bagi Anda yang berniatan untuk melakukan senam kegel ada baiknya hindari kesalahan berikut ini:

Tidak memilih pemandu.


Sebagai pemula ada baiknya memilih pemandu yang tepat, jangan hanya berpatokan pada teori. Karena secara teori akan lebih susah untuk dipahami jika tidak langsung dipraktekkan, makanya penting pemandu untuk pemula.

Menahan napas.

Karena sebagai pemula terkadang masih merasa tegang melakukannya sehingga tidak bisa rileks seperti saat orang melakukan olahraga biasa. Nah, tahan napas sendiri sering terjadi tanpa disadari. Hal itu tentu saja akan mempengaruhi tujuan Anda, bukan mendapatkan manfaat dari senam kegel yang tepat justru sebaliknya.

Tidak memahami bagian otot panggul.

Kesalahan yang cukup fatal adalah seseorang yang melakukan latihan gerakan untuk otot panggul namun tidak memahami apa saja yang termasuk dalam otot panggul. Untuk dapat mengetahui hal tersebut sebenarnya mudah ketika Anda menahan urine keluar dan rasakan.

Meremas terlalu kuat.


Bisa dikatakan ini merupakan kesalahan yang cukup besar, otot panggul yang kecil jika dilakukan latihan terlalu keras pasti akan berakibat buruk. Bahkan bisa terjadi pula otot yang kehilangan keseimbangan dan sulit mengontrol.

Setelah Anda merasa dapat melakukannya sendiri tanpa perlu guru atau pemandu ada baiknya konsultasikan ke dokter. Karena setelah beberapa minggu atau bulan pasti ada perubahan, apakah Anda perlu melakukan latihan dasar panggul lagi lebih intens atau justru sebaliknya yaitu sama sekali tidak perlu melakukan lagi. Pada dasarnya latihan tersebut mudah sekali dilakukan, namun jika dipraktekkan dengan cara yang salah pasti akan berimbas buruk.
SHARE

About Eka Frasisca

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar