Inilah 8 Macam Alat Kesehatan yang Harus Ada dalam Kotak P3K Anda


Jika berbicara mengenai penyakit memang bisa datang menyerang siapa saja tanpa pandang usia dan juga jenis kelamin, bahkan semakin bertambahnya usia maka resiko untuk terjangkit sebuah penyakit juga kian tinggi, itulah mengapa dibutuhkan persiapan berbagai macam alat kesehatan di rumah untuk mengatasinya. Juga pastikan untuk menjaga diri dengan mengatur pola makan hingga olahraga secara teratur agar terhindar dari masalah kesehatan tersebut.

Memang ada kalanya beberapa jenis masalah kesehatan tak perlu penanganan dari dokter, melainkan bisa diatasi sendiri di rumah, misalnya adalah demam, kemudian juga luka atau kecelakaan ringan yang membuat tubuh tergores hingga berdarah, maka tak harus datang ke rumah sakit, cukup dengan mengandalkan kotak P3K yang ada di dalam rumah saja untuk mengatasinya. Sarana yang satu ini bisa dengan mudah didapatkan di pasaran, isinya tentu sangat beragam.

Berikut ini diantaranya beberapa jenis alat kesehatan yang wajib ada dalam kotak P3K yang ada di rumah, sehingga bisa sangat membantu untuk mengatasi beberapa macam masalah kesehatan ringan atau kecelakaan di rumah, yaitu:

Inilah 8 Macam Alat Kesehatan yang Harus Ada dalam Kotak P3K Anda


1. Kasa steril dan perban, alat yang satu ini berfungsi untuk membalut luka sehingga tidak terbuka dan tetap dalam kondisi bersih. Biasanya digunakan untuk pertolongan pertama pada mereka yang terkena kecelakaan dan mengalami pendarahan, juga sangat berguna untuk digunakan mengganti perban luka yang sudah dibuat sebelumnya, sehingga selalu baru dan bersih.
2. Plester, ini adalah produk yang paling praktis jika dibandingkan dengan kasa dan juga perban jika ingin dipakai untuk menutup luka, hanya saja alat ini memang digunakan untuk jenis luka yang tingkatannya ringan atau tidak begitu parah, contohnya adalah luka gores atau ketika terkena benda tajam layaknya pisau.
3. Sarung tangan karet, yaitu jenis sarung tangan sekali pakai yang umumnya dipakai oleh pihak-pihak media di dalam melakukan pengobatan, tujuannya sudah jelas yaitu berguna untuk mengobati beberapa jenis luka, namun tanpa menyebabkan kondisi luka tersebut terkena infeksi oleh bakteri atau kuman sehingga jauh lebih sehat.
4. Masker, masker ini agaknya menjadi peralatan kesehatan yang begitu penting untuk dimiliki siapa saja, karena nantinya dapat digunakan untuk menjaga agar sistem pernapasan tetap dalam kondisi yang baik, ketika itu bersepeda ataupun juga bersih-bersih ruangan, karena debu tak akan ikut masuk kedalam saluran pernapasan.
5. Thermometer, alat yang dipakai untuk melihat suhu tubuh, biasanya ketika suhu tubuh anak meningkat atau demam, maka bisa dilakukan pengecekan terlebih dahulu dengan menggunakan alat yang satu ini sebelum melakukan pertolongan pertama, sehingga hasil pengobatan juga lebih efektif tepat sasaran.
6. Alkohol, tingkatan yang biasa dipakai untuk kebutuhan pengobatan adalah 70%, nilai ini bisa dipakai untuk mensterilkan luka dan juga untuk membersihkan beberapa jenis peralatan media agar tidak dihinggapi oleh kuman atau virus.
7. Povidon iodin, yaitu sebuah obat yang memiliki warna merah, digunakan untuk mengobati luka agar cepat mengering dan menutup. Paling tidak sediakan yang kecil dengan ukuran 60 ml.
8. Pinset, dipakai untuk mengambil alat steril ataupun benda-benda asing.

Banyak jenisnya namun Anda bisa membeli berbagai macam alat kesehatan ini dengan mudah langsung satu paket secara online, tak hanya dijual di sebuah apotek saja. Tak hanya disediakan di rumah, hendaknya juga harus dibawa di dalam mobil untuk kondisi darurat.

SHARE

About Berita update

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar