Ini Dia Menu-menu Khas Lebaran dari Seluruh Penjuru Dunia

Datangnya hari Raya Idul Fitri merupakan tanda kemenangan setelah sebulan sebelumnya menjalani sebuah ibadah di bulan Ramadhan, yaitu berpuasa. Tentunya banyak hal yang mulai Anda persiapkan untuk sambut datangnya moment menggembirakan ini bukan. Salah satu diantaranya adalah dengan menyajikan berbagai macam hidangan menggugah selera untuk disantap bersama dengan keluarga besar. Begitu juga sajian di atas meja sebagai suguhan untuk tamu yang datang.

 
Nyatanya memang bukan hanya Indonesia saja, negara-negara lain juga memiliki suguhan yang khas untuk rayakan Idul Fitri ini, berikut ini beberapa diantaranya, yaitu:

  • Biryani, Inggris merupakan salah satu negara yang juga dihuni oleh penduduk muslim, meskipun jumlahnya tidak begitu besar, saat lebaran tiba mereka akan menyajikan sebuah menu khas yang dinamakan sebagai Biryani, yaitu hidangan yang terbuat dari campuran nasi dan juga daging dimasak dengan bumbu khasnya, menu yang waktu ini selalu ada di meja makan setiap lebaran tiba.
  • You Xiang, merupakan menu khas yang disajikan oleh masyarakat muslim di Tiongkok, yaitu sebuah roti goreng yang nantinya akan disajikan bersama dengan sup, rasanya sangat khas dan juga mengenyangkan.
  • Khurma sheer, hidangan yang satu ini merupakan salah satu yang khas dari negara Timur Tengah seperti diantaranya adalah Bangladesh, India dan juga Pakistan yang memang mayoritas penduduknya juga merupakan pemeluk agama Islam. Sajian yang satu ini berbentuk krim yang terbuat dari bahan dasar susu, almond dan campuran kurma kering.
  • Laasida dan Tangine, merupakan sajian khas lebaran dari negara maroko, yaitu terbuat dari bahan dasar daging dan juga buah-buahan kering, dicampur madu dan bumbu khasnya, mungkin agak unik untuk masyarakat yang belum pernah merasakannya, karena ada campuran gurih dan juga manis dalam satu sajian makanan, mirip seperti pudding namun sangat mengenyangkan.
  • Cookis kurma dan kenari, sedangkan di daerah yang masih rentan akan konflik seperti diantaranya adalah Suriah, Lebanon dan juga Palestina, maka sajian khas yang nantinya akan mereka konsumsi saat lebaran tiba adalah cookies dengan isi kenari dan juga kurma ini.
  • Bolani, makanan khas lebaran yang berasal dari negara Afghanistan, yaitu roti lapis yang nantinya akan diisi dengan berbagai macam bahan makanan seperti sayur-sayuran hijau layaknya bayam, kentang ataupun labu.
  • Aseeda, makanan Idul Fitri khas Yaman yang dibuat menyerupai sebuah pudding, namun bahan baku pembuatannya sendiri adalah berasal dari gandum dan juga madu.
  • Manti, berasal dari Rusia menu makanan yang satu ini juga jadi yang khas disajikan saat lebaran tiba, yaitu olahan pangsit dengan isi daging domba di dalamnya.

Tak hanya Indonesia saja yang memiliki sajian khasnya untuk rayakan lebaran.
SHARE

About Eka Frasisca

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar