4 Bekal Memulai Bisnis Sampingan untuk Pegawai yang Masih Terikat Kontrak Perusahaan

Banyak pegawai yang sudah tidak betah dengan rutinitas kerja mereka, ingin mencoba lepas dari pekerjaan tersebut dan memulai karir sendiri, yaitu dengan membuat sebuah bisnis. Pada dasarnya orang-orang dengan jiwa bebas memang tidak bisa bekerja dalam sebuah kekangan atasan, ingin mencoba hal-hal baru yang lebih menantang dan membuat mereka dapat berkreasi, hanya saja tak memungkiri jika tantangan untuk memulai sebuah bisnis juga sangat besar.


Bahkan tak jarang diantaranya yang harus mempertaruhkan harta yang dimiliki, karena resikonya yang begitu tinggi, untuk itulah ada baiknya memulai dengan usaha sampingan terlebih dahulu, jangan buru-buru untuk melepaskan diri dari pekerjaan utama Anda di sebuah perusahaan, melainkan dimulai dari yang namanya mencoba merintis. Jika usaha sampingan yang digeluti tersebut sudah menunjukkan perkembangan yang baik dan stabil, maka bisa mulai meninggalkan pekerjaan utama.

Hanya saja untuk memulai bisnis sampingan juga tidak semudah yang dibayangkan, berikut ini setidaknya ada beberapa hal yang harus dipersiapkan, yaitu:

  • Modal, apapun jenis usahanya tak bisa dipungkiri jika seandainya modal adalah bagian yang paling menentukan untuk memulai, tanpa keberadaan modal tentu akan sangat sulit menjajal sebuah usaha. Besar kecilnya sendiri sebenarnya tergantung dari kemampuan. Namun untuk usaha yang masih baru alangkah baiknya memulai dari yang nominalnya kecil saja, sehingga jika terjadi kerugian juga tidak seberapa.
  • Sediakan waktu, mencoba bisnis di tengah pekerjaan utama dalam sebuah instansi atau perusahaan memang tidak semudah yang dibayangkan, mengingat pada dasarnya hampir setiap hari, kecuali weekend Anda dituntut untuk selalu ada di kantor, bahkan terkadang sampai lembur, sisanya adalah waktu bersama dengan keluarga, untuk itu sebisa mungkin mencari celah waktu yang dimiliki jika memang ingin mengawali bisnis.
  • Memanfaatkan teknologi, cara terbaik berbisnis bagi mereka yang masih terikat dengan perusahaan tak lain adalah dengan mengandalkan teknologi, contohnya adalah bisnis online yang belakangan ini memang tengah populer di kalangan masyarakat, bisa dijalankan dengan mudah dan murah dari mana saja tanpa terbatas waktu.
  • Mencari partner, langkah lainnya yang dapat diambil adalah dengan menemukan partner bisnis yang tepat, tak harus orang luar, melainkan bisa dengan mengajak pasangan , ini jauh lebih aman, karena tak perlu berbagi keuntungan nantinya, setiap pemasukan dan pengeluaran bisa dipercayakan kepada orang yang tepat.

Setidaknya itulah beberapa bekal yang harus dipersiapkan untuk menjalankan bisnis sampingan bagi Anda yang masih terikat bekerja dalam sebuah perusahaan. Jangan buru-buru resign terlebih dahulu karena bagaimanapun semuanya butuh proses, jika Anda sudah terlanjur keluar perusahaan, namun ternyata usaha yang dijalankan tidak begitu lancar, bahkan bangkrut sudah pasti akan terjadi krisis dalam rumah tangga.

0 Response to "4 Bekal Memulai Bisnis Sampingan untuk Pegawai yang Masih Terikat Kontrak Perusahaan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel