Tips Manajemen Waktu Anak dan Membantu Anak Belajar Membaca

Pendidikan adalah hal yang paling penting saat ini, pentingnya pendidikan membuat pemerintah pusat dan daerah mengadakan berbagai program pendidikan. Salah satu program pendidikan adalah wajib sekolah 9 tahun dengan biaya gratis. Beberapa daerah sudah menerapkan ini dan membuat pengeluaran untuk biaya sekolah berkurang dan anak-anak dapat bersekolah dengan baik. Selain itu juga, ada juga program beasiswa untuk membantu anak sekolah yang tidak mampu dan hal ini membuat setiap anak dapat merasakan jenjang pendidikan yang layak.
 
 
Oleh karena itu orangtua anak haruslah mengetahui cara memilih sekolah dan cara membuat motivasi anak meningkat supaya dapat belajar dengan baik dan memanfaatkan bantuan dari pemerintah. Berikut adalah tips manajemen waktu anak-anak diantaranya:

  • Jangan menunda untuk mengerjakan sesuatu supaya anak belajar disiplin dan tidak mengulur-ulur waktu.
  • Konsentrasi supaya anak mengerjakan sesuatu berhasil dan tidak menyita waktu yang lama termasuk ketika sedang belajar ataupun mengerjakan tugas.
  • Gunakan waktu luang dengan baik untuk melakukan aktifitas yang bermanfaat seperti merapikan buku, olahraga atau mengulang pelajaran.
  • Jangan sampai lupa waktu ketika menyelipkan bermain video game supaya tidak kecanduan dan hanya untuk hiburan.
  • Seleksi dan batasi menonton acara televisi yang dapat ditonton oleh anak seumurnya dan berikan jam-jam tertentu untuk menonton.

Selain itu juga perlu menjaga kesehatan anak supaya anak tidak drop dan tetap melakukan kegiatan dengan baik. Rencanakan jadwal kegiatan yang bervariasi supaya anak tidak bosan dan memiliki selingan liburan dalam berbagai kegiatannya. Ajarkan anak untuk selalu datang tepat waktu ke sekolah maupun ke tempat teman ketika belajar bersama. Sebaiknya anak jangan tergesa-gesa dalam melakukan tugas supaya lebih teliti. Anak juga perlu tidur lebih awal dan bangun lebih awal supaya berangkat tepat waktu.

Berikut adalah tips membantu anak belajar membaca diantaranya:

  • Membaca sambil bernyanyi dengan membaca huruf alphabet dengan nada untuk memudahkan anak mengingat.
  • Membaca dengan bantuan media elektronik dengan permainan tentang belajar huruf dan gambar sehingga anak akan tertarik.
  • Menggunakan karpet huruf dengan warna dan huruf yang membuat anak tertarik untuk membaca dan metodenya lebih cepat.
  • Menggunakan flash card menyesuaikan dengan tulisan dan gambar yang dibuat.
  • Membaca sambil bercerita dengan membaca buku cerita akan membuat anak lebih menyenangkan ketika belajar.

Selain itu juga, tidak memaksakan kehendak kepada anak karena setiap anak memiliki kelebihan yang berbeda. Pahami juga mood anak saat sedang belajar apakah sedang senang, marah, ngantuk, lelah atau yang lainnya supaya dapat menerapkan metode sesuai kondisi anak. Usahakan jangan terlalu lama dalam belajar dengan 20 menit per hari dan berilah pujian pada setiap progress anak supaya anak dapat senang dan terus meningkatkan kapasitasnya untuk mendapatkan yang terbaik.
SHARE

About Eka Frasisca

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar