Tips Gaya Hidup yang Tepat Bagi Penderita Jantung dan Diabetes

Tubuh adalah bagian penting dari diri dan wajib dijaga kesehatannya. Tanpa tubuh yang sehat dan kuat maka akan sulit untuk diri melakukan berbagai aktifitas. Kesehatan tulang, sendi dan otot merupakan tiga aspek yang bekerja bersama untuk memberi dukungan, keseimbangan dan menjaga bentuk tubuh. Saat ini gaya hidup menentukan kualitas hidup dan gaya hidup berhubungan dengan perilaku hidup bersih dan sehat. Dengan perkembangan zaman ini membuat beberapa produksi makanan tidak sehat dan cepat saji menjadi banyak dan membuat manusia tidak mampu membedakan makanan yang diolah bersih. Hal inilah yang membuat beberapa penyakit jantung dan diabetes menjadi masuk dalam tubuh. 
 
Berikut adalah tips gaya hidup bagi penderita jantung diantaranya:

  • Tetap aktif, dengan terus bergerak dan menghindari untuk berdiam diri dan setidaknya melakukan latihan aerobik 30 menit selama lima hari dalam satu pekan dan gerakan tersebut sangat baik bagi jantung.
  • Batasi konsumsi daging merah, gula dan lemak tak sehat yang dapat menyebabkan obesitas, naiknya tekanan darah atau meningkatnya resiko penyumbatan pembuluh dan sebaiknya menambahkan sayuran dan buah-buahan untuk menaikkan konsumsi serat.
  • Kurangi asupan garam dan penyesuaian ini akan menyesuaikan makanan rendah sodium sehingga resiko tekanan darah tinggi memicu serangan jantung berkurang.
  • Berhenti merokok karena akan memberi dampak positif secara menyeluruh dan jika tidak berhenti akan memberi dampak negatif pada kesehatan jantung.

Selain beberapa diatas, perhatikan juga berat badan karena obesitas akan meningkatkan serangan jantung dan gagal jantung. Menu sehat dengan porsi serta olahraga rutin untuk cara terbaik memperbaiki kesehatan jantung. Ketahui juga kolesterol karena menjadi faktor penyebab utama serangan jantung sehingga perlu dilakukan pemeriksaan, begitu juga dengan ukur tekanan darah, tingkat gula. Penderita jantung juga perlu mengurangi stress terutama untuk kaum hawa.

Berikut adalah tips gaya hidup bagi penderita diabetes diantaranya:

  • Periksa kadar gula darah setiap pagi untuk mengetahui perkembangan dan perawatan yang cocok.
  • Menyusun menu makanan dengan membatasi beberapa makanan yang tidak disarankan untuk penderita diabetes.
  • Olahraga setiap hari minimal 30 menit untuk meningkatkan kesehatan dan menurunkan kadar gula darah.
  • Jangan lupa sarapan untuk membantu mengontrol asupan makanan dan sebaiknya memilih makanan yang mengandung protein dan karbohidrat.
  • Periksa kaki, terutama saat ada luka sebaiknya segera diobati walaupun luka kecil karena luka dapat menyebar jika tidak diobati.

Selain beberapa diatas, perlu juga minum obat untuk menurunkan kadar gula darah dan jangan lewatkan untuk berkonsultasi kembali ke dokter. Berkumpul dengan keluarga untuk terus memberi dukungan dan membuat penderita mengobrol dengan keluarga setidaknya 15 menit setiap harinya. Beberapa tips diatas sangat penting untuk menunjang pola hidup sehat untuk para penderita jantung dan diabetes, setidaknya mampu mengurangi resiko terburuk.
SHARE

About Eka Frasisca

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar