Ini Dia Cara Merawat Aki Mobil yang Benar

Aki merupakan salah satu komponen yang memiliki peran sangat penting, baik untuk kendaraan bermotor maupun mobil. Komponen yang satu ini berfungsi untuk menyalurkan listrik ke semua bagian pada kendaraan yang memerlukan aliran listrik seperti starter dan lampu. Akan tetapi, sebagian orang justru tidak terlalu memperhatikan bagaimana kondisi akinya, padahal komponen ini bisa dikatakan berperan sangat penting. Pada dasarnya jika ingin memiliki aki motor atau aki mobil yang awet, Anda harus secara rutin melakukan pengecekan dan perawatan supaya aki tersebut bisa berfungsi dengan baik tanpa ada kendala apapun.

Selain berfungsi sebagai penyalur listrik saat motor atau mobil dalam keadaan hidup, aki juga memiliki fungsi lain yaitu sebagai sumber listrik untuk semua sistem kelistrikan saat kendaraan tersebut dalam kondisi mati. Merawat aki dengan benar menjadi sangat penting, karena jika Anda melakukannya dengan sembarangan, maka akan berdampak pada usia aki. Lalu bagaimana cara merawat aki yang benar supaya bisa awet dan tetap memiliki kualitas yang bagus, simak ulasan berikut ini.

Ini Dia Cara Merawat Aki Mobil yang Benar


 Rutin memeriksa jumlah elektrolit pada aki.
Langkah perawatan pertama yang perlu Anda lakukan adalah secara rutin memeriksa jumlah elektrolit aki terutama aki untuk mobil. Hal ini juga sangat mudah untuk Anda lakukan, waktu yang dibutuhkan untuk memeriksa jumlah alat elektrolit adalah setiap satu bulan sekali. Jika saat diperiksa aki berkurang atau posisinya berada di bawah garis low level, maka itu berarti aki Anda membutuhkan tambahan air aki.

Saat elektrolit sudah tidak dapat menampung baterai karena kondisinya yang sangat sedikit, maka biasanya yang paling sering terjadi adalah aki Anda akan tekor dan kendaraan tidak bisa dihidupkan dengan mudah.

 Periksa terminal aki.
Langkah selanjutnya untuk merawat aki mobil adalah dengan cara memeriksa terminal aki. Anda sebagai pemilik kendaraan tentu bisa memeriksanya dan memastikan bahwa terminal aki tidak berkarat, tidak mengalami kelonggaran dan tidak ditumbuhi jamur. Jika kondisinya aki sudah terlanjur berkarat atau berjamur, maka Anda harus segera mengatasi hal ini dengan membersihkannya menggunakan air panas.

Apabila kondisinya aki kendaraan Anda mengalami kelonggaran, maka Anda harus mengencangkan terminal aki tersebut. Akan tetapi, jika sudah tidak memungkinkan, maka Anda harus menggantinya dengan aki baru.

 Memeriksa bagian sistem pengisian.
Memeriksa sistem pengisian juga merupakan langkah perawatan aki yang sangat sederhana. Anda bisa memeriksa sistem pengisian aki dengan cara melihat indikator aki yang terdapat pada bagian dashboard mobil, pada saat kuncinya dalam keadaan on dan mesinnya mati, maka secara otomatis baterai akan menyala. Dan jika Anda menghidupkan mesin kendaraan gambar baterai pada mobil akan menghilang.

Apabila kondisinya Anda menghidupkan mesin kendaraan namun, gambar baterainya tetap hidup ini adalah tanda bahwa aki Anda mengalami permasalahan pada sistem pengisiannya, segera lakukan perbaikan supaya kondisi aki bisa diselamatkan.

Cara di atas bisa Anda lakukan supaya kondisi aki Anda bisa tetap awet. Akan tetapi, jika keadaannya aki Anda tekor dengan tiba-tiba, maka berikut adalah hal terbaik yang bisa Anda lakukan, yaitu:

 Dorong kendaraan sepeda motor maupun mobil Anda.
 Menginjak bagian kopling mobil dan memasukkan tuas transmisi 2.
 Jika kondisi jalannya rata, dorong mobil sejauh 5 meter.
 Leas bagian pedal kopling sampai akinya mau hidup kembali.

Itulah beberapa cara merawat aki mobil dan aki motor, usahakan untuk selalu melakukan perawatan aki dengan benar supaya aki yang Anda miliki bisa awet namun tetap dengan kualitas yang bagus.

SHARE

About Berita update

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar