Cari Informasi Selengkap Mungkin Sebelum Jual Mobil Secara Online

Jika Anda ingin jual mobil Anda sekarang ini, cara termudah dan paling praktis adalah dengan menjualnya secara online. Tentu saja, menjual kendaraan secara online tidak hanya bisa mengandalkan sekedar foto dan deskripsi singkat. Masih banyak hal yang harus Anda lakukan supaya Anda benar-benar siap dalam menjual kendaraan Anda tersebut, dan menarik minat orang yang hendak membelinya secara serius.


Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah mencari informasi selengkap mungkin tentang mobil Anda tersebut. Tentunya akan terasa sangat lucu dan aneh kalau Anda tak tahu apa-apa tentang spesifikasi mobil Anda, bukan? Makanya, sebelum menjualnya, cari dulu informasi tentang hal-hal berikut:

  • Informasi dasar dari mobil, mulai dari tahun produksi, modelnya, warna asli, tanggal manufaktur, dll.
  • Cari tahu apa saja kelebihan atau kekurangan yang sering dikeluhkan oleh pemilik mobil dengan jenis yang sama dengan Anda ini.
  • Berapa banyak bensin yang diperlukan untuk setiap kilometernya?
  • Berapa harga asli dari mobil ini dan harga jualnya sekarang di pasaran?

Semua informasi dasar tersebut hendaknya Anda tulis dengan format yang rapi dan gampang untuk dibaca. Terlalu banyak penjual kendaraan amatir yang hanya menuliskan keterangan dasar mobil dengan tulisan yang tak rapi dan juga terlalu banyak singkatan, memberikan kesan yang tak profesional. Padahal, kalau Anda jual mobil secara online, pembeli hanya bisa mengamati dari tulisan dan foto yang Anda pajang. Tapi itu hanyalah langkah awal saja. Berikutnya, Anda harus melakukan ini:

  • Persiapkan bukti sejarah mobil dan servisnya

Siapkan semua dokumen resmi mobil, dari dokumen pembeliannya sampai dengan dokumen sejarah servis yang telah dilakukannya. Dengan demikian, pembeli bisa memutuskan sendiri apakah mereka akan membeli atau tidak. Anda juga menunjukkan itikad baik dengan memperlihatkan kejujuran Anda.

  • Ambil foto mobil dalam keadaan terbaik, luar dan dalam

Demi menarik orang untuk membeli, Anda tentunya harus mengambil foto semenarik mungkin agar pembeli jadi tertarik. Ambil foto close up yang detail dari luar sampai dalam.

  • Berikan informasi sedetail mungkin

Kalau Anda akan menuliskan informasi tentang mobil, tuliskan semuanya dengan rapi dan sangat lengkap, bahkan keterangan apakah mobil pernah dicat ulang atau tidak.

  • Cantumkan kontak Anda 

Jangan lupa cantumkan kontak Anda sehingga calon pembeli gampang untuk menghubungi Anda. Cantumkan media sosial, email, nomor ponsel, dan juga alamat Anda.

Selanjutnya, ketika pembeli sudah menghubungi Anda dan mengunjungi Anda, persiapkan hal berikut:

  1. Siapkan semua surat-surat dan pastikan administrasi mobil sudah beres. Ini akan membuat proses transaksi jadi lebih mudah, dan pembeli bisa melihat langsung keterangan mobil.
  2. Berikan kunci mobil ke calon pembeli jika mereka ingin test drive, dan biarkan mereka mengamati mobil dengan bebas. Anda tinggal mengawasi saja. Jangan ganggu, dan jawab pertanyaan ketika mereka bertanya.
  3. Negosiasi harga boleh saja agar Anda bisa menarik orang lain, tapi tawarkan “best offer” untuk membuat pembeli merasa mereka mendapatkan keuntungan.

Itulah langkah kalau Anda akan jual mobil Anda di marketplace online. Anda harus memikirkan banyak hal sebelum memajang iklan Anda, dan setelahnya pun Anda juga masih harus bekerja keras memasarkan mobil Anda tersebut. Ini akan lebih sulit kalau mobil Anda ternyata termasuk mobil yang dikenal banyak keluhannya. Jadi mencari informasi masa lalu mobil sangatlah penting, karena setidaknya Anda bisa memberikan alasan yang bagus.
SHARE

About Eka Frasisca

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar