4 Kiat Hemat Belanja di Toko Jual Spare Part Mobil Asli

Semua pemilik mobil pasti akan rutin mendatangi toko jual spare part mobil yang sesuai dengan spesifikasi kendaraan yang dimiliki. Penggantian spare part kerap dilakukan jika memang yang lama sudah harus diganti yang baru karena sudah aus. Bisa pula dilakukan ketika mobil mengalami kecelakaan sehingga perlu ada spare part yang diganti agar bisa dipakai normal kembali. Penggantian spare part ini sebaiknya tidak dianggap enteng sebab biaya yang dikeluarkan pastinya tidak sedikit.
 

Mengganti spare part lama dengan yang baru memang lebih dianjurkan memakai spare part asli atau original karena nantinya lebih presisi. Pasaran spare part saat ini didominasi oleh spare part non asli atau KW dengan tingkatan kualitas yang berbeda-beda. Spare part non asli ini lebih laris karena disimak dari segi harga yang memang lebih terjangkau. Beberapa bahkan bisa didapatkan dengan harga separuh dari harga spare part versi aslinya. 

Membeli spare part yang asli baiknya memang diutamakan sebab akan membantu menjaga kinerja mesin mobil. Pasalnya spare part ini memang ditujukan dengan spesifikasi mobil tersebut sehingga tidak perlu dilakukan perubahan untuk memasangnya. Berbeda dengan spare part non asli yang kadang kala pengaturan mesin perlu diubah supaya bisa masuk dan dipasang dengan pas. Efeknya tentu akan kurang bagus sebab perubahan pada mesin nantinya akan memberikan dampak buruk, yakni mobil mati total. Sebagai alternatif termudah sekaligus tetap hemat rupanya ada beberapa kiat untuk memangkas budget meski membeli spare part asli. Kiat yang dimaksud antara lain:

  • Mengganti sesuai jadwal di buku service, 

Untuk semua pemilik kendaraan baik motor ataupun mobil baiknya mengikuti prosedur penggantian spare part seperti yang tercantum di buku service. Sebab buku service akan memuat jadwal penggantian beberapa spare part supaya tidak sampai rusak parah dan mempengaruhi spare part bagian lain. Alhasil proses penggantian pun tidak akan memakan biaya berlebih. 

Mencari spare part di daerah luar kota, 

Bagi pemilik mobil yang kebetulan tinggal di kota besar maka ada kemungkinan mendapatkan spare part dengan harga lebih mahal. Supaya mendapatkan toko jual spare part mobil asli namun murah Kita bisa berkunjung ke luar kota. Semakin kecil daerah toko yang disambangi maka biasanya akan memperoleh harga yang semakin murah. Sebab usaha otomotif di daerah kecil tidak terkendala oleh beban pajak dan sebagainya. 

  • Pastikan penggantian tidak merubah pengaturan mesin, 

Ada kalanya karena spare part yang sesuai dengan tipe mobil tidak ada maka Kita pun memilih memakai spare part tipe mobil lain yang satu merk yang tentunya bisa langsung dipasang. Jika dilihat dari segi waktu memang lebih efisien namun jika nantinya butuh pengaturan berbeda. Sebaiknya memilih bersabar pasalnya perubahan pada setting mesin akan mempengaruhi kinerjanya. Jika terjadi kerusakan nantinya akan berakibat fatal dan meluas. 

  • Selalu memilih bengkel profesional, 

Mengganti spare part lama yang memang sudah selayaknya diganti dengan yang baru maka pastikan memilih bengkel yang tepat. Baiknya adalah memilih bengkel profesional yang secara khusus menerima merk mobil Kita. Sehingga mekanik yang melakukan penanganan memang memiliki kompetensi pada mobil yang Kita miliki. Alhasil kesalahan apapun akan bisa dihindari jikalaupun terjadi maka efeknya tidak akan terlalu fatal. Pastikan pula sudah memilih toko yang jual spare part mobil asli yang tepat dan sesuai dengan anggaran.
SHARE

About Eka Frasisca

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar