Menilik 3 Hal yang Menyebabkan Mesin Mobil Suaranya Berisik

Ketika baru membeli dan memakai mobil baru biasanya suara dari mesin mobil tersebut akan sangat halus, ibarat orang berbicara sembari berbisik. Namun seiring bertambahnya usia mobil katakanlah antara 1-2 tahun maka suara berisik akan mulai ditangkap oleh telinga. Mengapa bisa demikian? Meskipun terbilang lumrah karena umumnya mobil yang sudah berumur akan mengeluarkan bunyi khas dan cenderung berisik. Ternyata kondisi ini dalam dunia otomotif masih masuk ke dalam kategori abnormal, bisa diperbaiki supaya suara mesinnya sehalus ketika baru dibeli.

Apa Saja Penyebab Mesin Mobil Berisik?

Menilik 3 Hal yang Menyebabkan Mesin Mobil Suaranya Berisik


Kendala yang menyebabkan sebuah mobil ketika dilajukan mengeluarkan suara bising atau berisik ternyata wajib diketahui. Supaya setelah diperbaiki bisa dirawat agar tidak terulang kembali, dan adapun kendala atau penyebabnya adalah:

1. Terlupa tidak mengganti oli mesin,
Ketika mesin mobil kehabisan oli maka akan lebih mudah membuat mesin mengeluarkan bunyi yang berisik. Hal ini berkenaan dengan fungsi dari oli sebagai pelumas antara satu komponen mesin dengan komponen lainnya. ketika olinya kering maka gesekan antar komponen tidak akan licin atau mulus, alhasil munculnya bunyi yang mengganggu. Maka rajinlah mengecek jadwal ganti oli supaya mesinnya selalu merdu.

2. Ada komponen pada kap yang rusak,
Apabila mesin mobil berbunyi kasar namun olinya tidak mengalami kendala, misal sudah rajin diganti dan tidak pernah sampai kering kerontang. Maka bisa jadi disebabkan oleh hal lain salah satunya pada komponen kap mesin mobil yang beberapa atau seluruhnya mengalami kerusakan. Bagian kap mobil terdiri atas beberapa komponen dan untuk menjadikan mesin bersuara halus semua komponen di dalamnya harus sehat, entah pada bearing AC, water pump, dan lain-lain.

3. Kondisi fan belt yang sudah harus diganti,
Fan belt atau tali kipas merupakan salah satu komponen di dalam mesin mobil yang terbuat dari serat sintetis. Fungsi utama komponen ini adalah mentransfer tenaga yang berasal dari poros engkolke poros pulley. Melihat tali kipas ini rutin bergerak dan terbuat dari bahan karet maka mau tidak mau akan sangat sering diganti. Kalau diabaikan maka jangan kaget apabila suara mesin mendadak menjadi kasar dan super berisik. Anda tentu dibuat tidak nyaman begitu pula dengan pengguna jalan lainnya.

Sebenarnya untuk mempertahankan suara merdu dari mesin mobil kuncinya hanya satu yakni memberikan perawatan semestinya. Usahakan tidak hanya rajin mengisi bensin saja melainkan rutin datang ke bengkel untuk melakukan service. Bicarakan keluhan yang dirasakan supaya nantinya mekanik bisa mengecek bagian-bagian yang mungkin menjadi penyebab keluhan tersebut. Perawatan dengan rajin mengganti sparepart membantu menjadikan suara mesin halus dan memperkecil resiko mobil mudah rusak apalagi sampai mogok di tengah jalan.


EmoticonEmoticon