4 Cara Agar HP Android Terbaru Anda Tidak Mudah Lemot

Punya uang lebih dan ingin membeli HP Android terbaru? Nah, pilih dengan teliti supaya bisa memperoleh handphone baru yang bagus dan nyaman dipakai. Pilihan hp Android kini semakin banyak dan masing-masing mengusung teknologi terkini untuk memanjakan penggunanya. Banyaknya pilihan menarik bisa membuat Anda gelap mata dan bisa jadi nantinya akan salah memilih karena tergiur dengan fitur yang diusung handphone tersebut. Usahakan untuk memilih sesuai kebutuhan dan budget sekaligus dirawat dengan baik. 


Berbicara mengenai perawatan, maka Anda wajib sekali untuk memahaminya jangan sampai tidak sebab Android bisa rawan kerusakan. Umumnya pengguna Android mengaku perangkat handphone yang selama ini dipakai semakin lama semakin lemot. Yakni respon yang memerlukan waktu proses lebih lama sehingga membuat pengguna merasa jengkel dan ingin membanting handphone tersebut. Pernahkah Anda berada di situasi yang serupa? Tentunya pernah, dan tentu bukannya tanpa sebab sebuah handphone berbasis Android menjadi lemot. 

Ada banyak hal yang membuat handphone bersistem operasi Android menunjukan kelemotan nya, dan tentu perlu sekali diketahui. Adapun penyebab tersebut antara lain: 

  • Performa handphone sudah tidak maksimal bisa dikarenakan usia yang membuatnya semakin ringkih. 
  • Jaringan internet sudah ketinggalan zaman, Anda masih memakai 2G sementara sekarang musimnya 4G. 
  • Kapasitas RAM di handphone sudah melebihi kapasitas. 
  • Penggunaan yang jauh dari kata bijak sehingga merusak sistem Android.

Bagi Anda yang menemukan tanda-tanda handphone mulai lemot dan sudah sibuk mencari HP Android terbaru sebagai pengganti. Baiknya belajar merawat handphone tersebut supaya yang baru tidak ikut menjadi lemot, dan berikut cara mencegahnya: 

  • Hindari instal aplikasi berlebihan, 
Android memungkinkan penggunanya mendapatkan banyak aplikasi yang menarik dan berguna, namun ingat kapasitas handphone Anda. Hindari memasang aplikasi apalagi game berlebihan sebab memperberat kinerja RAM yang buntut nya menjadi super lemot. Lebih baik aplikasi sedikit namun handphone waras dan bermanfaat. 

  • Sediakan antivirus cukup satu saja, 
Banyak pengguna Android merasa super cemas dengan keselamatan handphone kesayangannya, sehingga menyediakan antivirus terlalu banyak. Tahu apa efeknya? Resiko terjadinya crash akan membuat handphone rusak seketika jika sesama antivirus saling memangsa. Selain itu banyak RAM terbuang untuk menyimpan aplikasi antivirus tersebut padahal perannya terbatas. Mengingat Google sendiri sekarang sudah dilengkapi antivirus yang memungkinkan proses searching internet lebih aman. 

  • Mengurangi jumlah akun yang terhubung, 
Akun terhubung yang dimiliki aplikasi media sosial semacam Facebook, Instagram, WhatsApp, dan sejenisnya. Ternyata bisa mempengaruhi RAM di handphone Android Anda yang nantinya pelan-pelan akan menjadi lemot. Pertimbangkan untuk memakai aplikasi akun terhubung yang memang dibutuhkan saja. Jika jarang dipakai bagusnya diuninstall saja, dan jika memang merasa sayang pastikan untuk logout supaya tidak selalu terhubung dengan Android. Nantinya handphone Anda bisa bekerja normal meski sudah berusia tahunan. 

  • Manfaatkan fitur pembersih cache, 
Ketika menggunakan aplikasi dan menutupnya memang bisa mengurangi kinerja Android, namun ada sisa pemakaian di log Android tersebut. Maka ada istilah cache atau sampai Android menumpuk yang jika tidak rajin dibersihkan akan melemahkan sistem Android. Manfaatkan fitur pembersih cache di handphone Anda supaya sampah-sampah ini bisa bersih maksimal. Perlahan kinerja Android akan membaik dan kembali seperti HP Android terbaru yang memang barusan Anda beli, tentu menjadi pilihan menarik menjawabnya tetap awet.


EmoticonEmoticon