Mencari Sepatu Gunung Murah dan Bagus? Pilih Merk Asal Indonesia Saja!

Suka naik gunung? Kalau iya, maka Anda tentunya tahu betapa sulitnya medan untuk trekking saat di pegunungan tersebut. Kalau Anda memakai alas kaki yang tak tepat, bisa-bisa Anda dengan mudahnya tergelincir dan terluka, atau malah pulang tinggal nama. Daripada terkena resiko semacam itu, lebih baik Anda memakai sepatu gunung yang bagus. Tak harus yang mahal, karena selalu ada sepatu gunung murah yang kualitasnya juga cukup bagus.


Jangan langsung asal membeli setiap sepatu gunung yang Anda lihat, karena sepatu-sepatu ini pun ada banyak jenisnya. Secara sekilas saja, ada sepatu gunung yang bentuk lehernya pendek yang lebih mirip dengan tampilan sepatu kets biasa, dan ada pula sepatu gunung yang tinggi yang bentuknya seperti boots. Sepatu gunung dengan bentuk pendek ini lebih berguna kalau Anda tidak menempuh medan yang berat dan cenderung ringan, sementara yang berbentuk semi boots sangat berguna di saat medannya sulit.

Hanya melihat dari bentuknya pun tidak cukup. Anda juga harus memutuskan sepatu gunung Anda dari hal-hal seperti berikut:

  • Soal bahannya, Anda lebih baik memilih bahan sepatu dari kulit sintetis atau kulit asli sekalian. Selain kuat dan awet, bahan ini juga lebih hangat untuk kaki.
  • Cari bahan yang anti air dan tak mudah tembus. Pakai yang ada cap goretex.
  • Cari yang sol sepatunya berpunggung tinggi dan kuat. Ini sangat berguna kalau Anda mendaki gunung.
  • Pastikan bahan sepatu dan desainnya memperhatikan sirkulasi udara, sehingga keringat di kaki mudah menguap dan menghindarkan Anda dari bakteri
  • Pilih ukuran sepatu yang satu atau dua ukuran lebih besar dari kaki Anda supaya Anda tak tersandung, kaki tak terjepit, dan Anda bisa memakai kaos kaki ekstra.

Harga dari sepatu gunung sendiri secara default lebih tinggi dibandingkan dengan jenis sepatu-sepatu lainnya. Jadi jangan mengharapkan Anda akan mendapatkan harga sepatu gunung murah yang lebih rendah dibandingkan dengan sepatu biasa. Lagipula, ini berhubungan dengan kualitas sepatu tersebut secara langsung. Anda tentunya tak mau dapat sepatu murah yang akan langsung jebol begitu dipakai mendaki gunung, bukan?

Namun memang ada beberapa merk sepatu gunung yang lebih murah dibandingkan dengan yang lainnya, namun kualitasnya tak diragukan lagi. Ini beberapa di antaranya yang direkomendasikan:

  • Consina
Merk yang sebenarnya asli dari Indonesia dengan kualitas yang berskala internasional. Bisa Anda dapatkan dengan harga relatif murah di kisaran Rp500 ribuan.

  • Eiger
Seperti juga Consina, Eiger adalah merk lokal yang berkualitas dan tidak semahal merk-merk import. Anda bisa mendapatkan berbagai seri sepatu gunung dari Eiger dengan harga mulai Rp450 ribuan.

  • Rei
Brand ini berasal dari Amerika Serikat, namun memiliki produk dengan harga yang cukup terjangkau. Makanya, produk dari brand ini sangat disukai banyak hikers.

  • Hi-Tech
Sepatu gunung dari brand ini juga sangat bisa jadi pilihan kalau Anda adalah mahasiswa karena harganya yang bersahabat. Lebih unggul lagi karena Hi-Tech juga menggunakan sistem waterproof di sepatu-sepatu mereka.

Tidak harus selalu fokus di merk luar, bukan? Seperti yang Anda lihat di atas, brand asal Indonesia justru memberikan produk yang berkualitas dengan harga yang sesuai dengan kantong Anda. Jadi kalau Anda mencari sepatu gunung murah, merk Eiger maupun Consina adalah dua merk yang terutama harus Anda perhatikan. Keduanya sudah terkenal, mudah didapatkan di mana-mana, dan memiliki banyak variasi.
SHARE

About Eka Frasisca

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar