Billboard Ads

Mendaki gunung adalah kegiatan menyenangkan sekaligus menantang. Menyenangkan karena Anda bisa lebih dekat dengan alam, tapi bersiaplah dengan medan yang cukup keras. Ini juga dipengaruhi sepatu yang Anda pilih untuk naik gunung. Bayangkan kalau Anda naik gunung hanya memakai sandal jepit biasa, tentunya kaki Anda bisa dengan mudah terpeleset. Masalahnya, mencari sepatu gunung murah juga tak gampang.


Kalau Anda salah pilih sepatu gunung, bisa dengan mudah Anda terpeleset, cedera di kaki, dan resiko-resiko yang lainnya. Apalagi mengingat medan di gunung itu berbeda-beda. Anda sebaiknya memilih sepatu yang memang berkualitas, dan kualitas ini tidaklah murah. Namun sebelum melihat apa saja pilihan sepatu gunung untuk Anda, mari lihat apa saja tipe sepatu gunung yang ada dan bagaimana memilihnya dengan tepat.

Ini dia beberapa tipe sepatu gunung yang bisa Anda temukan di pasaran:

Hiking boots

Sepatu tinggi sehingga pergelangan kaki terlindung. Nyaman, stabil, kokoh, namun lebih berat. Cocok untuk pendakian di gunung berlumpur, banyak salju, maupun membawa beban berat.

Hiking shoes

Lebih mirip sepatu lari, hanya alasnya lebih melengkung dan tebal. Cocok untuk mendaki jarak pendek di medan berbatu, basah, tidak terlalu curam, dengan beban ringan.

Trail running shoes

Lebih mirip sepatu lari sehari-hari. Sol fleksibel membuatnya hanya cocok untuk medan ringan maupun untuk backpacking.

Approach shoes

Khusus buat penggemar panjang tebing. Sekilas mirip hiking shoes, tapi sol luarnya empuk, menggigit kaki, dan tidak gampang lepas.

Sudah tahu mana tipe sepatu gunung yang akan Anda pilih? Kalau Anda ingin sepatu gunung murah, hindari approach shoes karena harganya yang mahal. Untuk yang lainnya, perhatikan tips mencari sepatu gunung berikut:

Cari bahan tepat

Kulit sintetis adalah bahan terbaik yang bisa Anda dapatkan dengan harga relatif terjangkau. Kuat, sirkulasi udara bagus, nyaman, dan tahan air.

Sol berpunggung tinggi

Karena sol seperti ini bisa mencengkeram tanah atau bebatuan dengan lebih baik, mencegah Anda terpeleset.

Pakai yang lebih besar dari ukuran kaki

Paling tidak, lebih besar satu ukuran. Ini mencegah kaki sakit, memberikan ruang bernapas, dan Anda bisa memakai kaus kaki berlapis.

Ringan

Ini terutama harus diperhatikan kalau Anda tak memiliki tenaga cukup besar. Soalnya, sepatu berat akan membuat Anda cepat lelah.

Sekarang, mari lihat apa saja merk sepatu gunung dengan harga terjangkau yang bisa dipilih:

Consina

Merk asal Indonesia yang terkenal, dengan bahan dan teknologi yang bermutu. Nyaman dan mudah ditemukan, Anda bisa mendapatkan seri seperti Consina Ramble dengan harga Rp550 ribuan.

Eiger

Merk lain dari Indonesia yang menyediakan peralatan naik gunung. Sepatunya nyaman, modelnya keren, dan bahannya berkualitas. Contohnya Eiger W136 dan Eiger W134 Centaur.

Hi-Tech

Merk ini memiliki variasi model yang banyak, dengan warna yang juga menarik. Tersedia untuk wanita dan pria, dimulai dari harga Rp300 ribuan.

Karrimor

Sepatu gunung nyaman dan murah meriah, serta lumayan awet. Anda bisa menemukan Karrimor untuk naik gunung dimulai dari harga Rp240 ribuan.

Itulah beberapa tipe sepatu gunung dan merk-merk sepatu gunung murah yang bisa menjadi referensi Anda untuk mencarinya. Tidak perlu mahal-mahal mencari sepatu, selama sepatu gunung yang Anda pilih tersebut memang bisa melakukan fungsinya dengan baik. Lagipula, merk-merk di atas bisa Anda temukan aslinya, dan bukan produk KW atau palsu yang lebih riskan.
By