Cara Memilih Rak Buku yang Tepat dan Bermanfaat

Menyimpan koleksi buku-buku yang Anda miliki harus dilakukan dengan rapi supaya ruangan terasa lebih nyaman dan tidak berantakan. Oleh karena itu, lemari atau rak buku dibutuhkan sebagai salah satu furniture penting yang harus Anda siapkan di rumah. Karena saat ini model, bentuk dan ukuran lemari buku sangatlah beragam, maka Anda wajib memilih lemari buku yang sesuai dengan kebutuhan. Berikut ini cara yang harus dilakukan dalam memilih lemari buku yang tepat dan bermanfaat, antara lain:


1. Perhatikan ukuran ruangan.
Memperhatikan dan menghitung ukuran ruangan yang dijadikan sebagai tempat untuk menyimpan lemari buku harus dilakukan sejak awal. Hal ini dilakukan agar ukuran lemari buku yang Anda pilih sesuai dengan kapasitas ruangan. Mulai dari ukuran luas lantai, tinggi langit-langit dan lainnya harus dilakukan agar ruang jalan antara lemari buku dengan dinding atau furniture lainnya tidak terlalu sempit dan mengganggu aktivitas. Selain itu, mengukur ruangan juga dilakukan agar ukuran lemari buku yang Anda pilih tidak terlalu kecil atau besar, tetapi pas untuk ditempatkan dalam ruangan.

2. Pilih bahan material lemari buku yang berkualitas.
Setelah mengetahui kisaran ukuran lemari buku yang dibutuhkan dan sesuai dengan kapasitas ukuran ruangan, kini saatnya Anda memilih bahan material lemari buku yang berkualitas. Saat ini, aneka macam bahan yang banyak digunakan sebagai material pembuat lemari buku antara lain kayu, besi, stainless dan kaca. Masing-masing memiliki tingkat kekuatan dan kualitas yang berbeda. Semakin tinggi kualitas bahan material yang digunakan, otomatis daya tahannya pun semakin kuat dan harganya pasti lebih mahal.

Baca Juga Beragam Cara Pembelian Isi Pulsa Listrik Saat Ini

3. Tentukan model dan desain lemari buku yang tepat.
Saat ini, desain dan model rak buku yang dijual di berbagai toko furniture sangatlah beragam. Anda bisa memilih dan menentukan model atau desain lemari buku yang diinginkan sesuai selera. Selain itu, Anda juga dapat memilih desain lemari buku yang cocok berdasarkan jenis barang koleksi yang akan disimpan. Biasanya, lemari buku didesain terbuka. Namun bila Anda ingin memiliki lemari buku yang tertutup dan lebih terkesan rapi, Anda bisa mengandalkan lemari buku dengan pintu yang bisa dibuka atau digeser sebagai pilihan.

Cara Memilih Rak Buku yang Tepat dan Bermanfaat


4. Sesuaikan warna lemari buku dengan furniture lainnya.
Dalam memilih lemari buku yang tepat dan bermanfaat, Anda perlu menyesuaikan warna lemari tersebut dengan furniture lain dalam ruangan sehingga menghasilkan kesan interior yang lebih khas. Selain itu, warna lemari buku juga bisa disesuaikan dengan cat tembok atau dinding ruangan agar terlihat lebih serasi dan seimbang. Jadi, lemari buku yang Anda pilih juga berfungsi sebagai media untuk mempercantik interior ruangan agar terlihat lebih indah dan berkesan.

5. Pertimbangkan harga dan budget belanja.
Selain beberapa hal di atas, memperhitungkan harga lemari buku berdasarkan budget belanja juga tidak kalah penting dan harus diperhatikan. Bandingkanlah harga lemari buku di beberapa toko untuk dapatkan harga terhemat. Selain itu, pastikanlah harga lemari buku yang Anda pilih sesuai dengan kualitas yang ditawarkan sehingga budget yang dikeluarkan tidak sia-sia.

Dengan memperhatikan dan mengikuti semua cara di atas, maka rak buku yang Anda pilih pasti memiliki fungsi yang maksimal sebagai media penyimpanan koleksi buku-buku di rumah supaya terlihat lebih rapi dan tidak berantakan. Selain itu, lemari buku yang Anda pilih juga terasa lebih bermanfaat karena dapat digunakan sebagai salah satu sarana penunjang keindahan interior ruangan yang nyaman dan sesuai dengan suasana rumah.


EmoticonEmoticon