Alasan Mengapa Perlu Melakukan Simulasi KPR Sebelum Membeli Rumah

KPR merupakan salah satu jenis pinjaman dari bank yang digunakan masyarakat dalam pembelian rumah ataupun perumahan. Sebelum melakukan pengajuan KPR lebih baik Anda memperhitungkan terlebih dahulu pembiayaan kedepannya menggunakan simulasiKPR atau kalkulator KPR. Karena seperti yang diketahui bahwa kredit rumah tidak hanya berlangsung selama satu tahun ataupun dua tahun bahkan bisa sampai puluhan tahun. Maka dari itu sebelum terjadi hal-hal yang tidak diinginkan dalam proses kredit kedepannya khususnya mengenai biaya lebih baik perhitungkan terlebih dahulu secara matang.

simulasi kpr


Dalam melakukan pengajuan KPR ada beberapa pihak yang terkait mulai dari debitur atau Anda sebagai nasabah, kreditur yang umumnya dari pihak bank dan juga pihak developer. Tetapi untuk penghitungan biaya hanya dilakukan oleh 2 pihak saja yaitu kreditur dan juga debitur. Mungkin ada yang masih bertanya-tanya kenapa harus melakukan simulasi? Nah, untuk menjawab hal itu berikut ini ada beberapa manfaat yang bisa didapatkan dari adanya simulasi antara lain:

  1. Mampu memberikan pandangan kepada masyarakat atau debitur dalam melakukan kredit rumah. Jadi dengan adanya simulasi Anda dapat mengetahui gambaran berapa pembiayaan yang harus dibayarkan sampai dengan pelunasan. Makanya dalam hal ini perhitungan dapat disesuaikan dengan kemampuan masing-masing debitur.
  2. Memberikan gambaran kepada para nasabah dalam melakukan pembiayaan kredit yang akan dilakukan. Mengingatkan lagi bahwa KPR itu tidak terjadi satu tahun ataupun dua tahun tetapi bisa mencapai puluhan tahun.
  3. Bisa dijadikan sebagai perbandingan untuk menentukan bank mana yang terbaik, misalnya saja Anda memilih BTN properti yang mewajibkan DP lebih murah ataupun alasan lainnya.
  4. Dapat memberikan pandangan kepada masyarakat untuk segera mendapatkan rumah walaupun uang yang dimiliki belum cukup. Seperti salah satunya BTN properti yang dapat menjadi jawaban masyarakat yang menginginkan untuk segera mempunyai rumah.


Nah, itulah beberapa manfaat yang didapatkan dari melakukan simulasi KPR terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk melakukan kredit. Karena jika Anda tidak menyegerakan untuk membeli rumah tentu kedepannya harga properti semakin melambung tinggi.


EmoticonEmoticon