Tagihan Listrik Online, Ini Langkah Mudah untuk Mengecek dan Membayarnya

Semakin lama kebutuhan masyarakat akan listrik memang jadi kian tinggi, terbukti dengan beban negara yang semakin naik untuk listrik, hal inilah yang membuat pemerintah mulai mengadakan berbagai macam sosialisasi untuk berhemat penggunaan listrik. Namun bagaimanapun tentunya Anda sendiri juga sudah sangat mengenal bukan keberadaan sarana teknologi baru yang semuanya membutuhkan supply listrik untuk dijalankan juga semakin banyak. Sekarang ini pembayaran tagihan listrik  sendiri bisa dilakukan secara murah dengan mengandalkan sistem online.

Dulunya tagihan listrik diberikan secara langsung ke tiap desa dengan mendatangkan seorang pegawai. Harus mengantri satu persatu agar bisa membayarnya. Namun sekarang ini sudah tidak lagi. Apalagi banyak juga yang sudah mengganti sistem listrik di rumah dengan token atau yang dikenal sebagai pulsa listrik. Dimana cukup dengan membelinya sebagai isi di rumah, ketika sudah habis maka sambungan listrik juga akan terputus di rumah, harus diisi dengan yang baru kembali.

Atau bagi yang masih menggunakan cara lama, yaitu bukan token, maka sebenarnya masih bisa melakukan pembayaran listrik secara mudah, yaitu online, sebelumnya maka berikut ini langkah-langkah dalam pengecekan tagihan listrik Anda di rumah, yaitu:

1. Buka situs atau website PT.PLN, PLN memiliki sebuah website resmi yang bisa diakses oleh siapa saja di dalam mengecek tagihannya apakah sudah normal atau belum. Anda juga bisa mendapatkan lebih banyak informasi mengenai listrik disini.
2. Masukkan ID dari pelanggan, ID ini terdiri dari 12 angka.
3. Ketikan password dari ID yang sudah dimiliki dan klik login, ketika sudah berhasil nantinya akan muncul halaman website yang menunjukkan berapa harga atau beban listrik yang harus Anda tanggung.

Pembayaran secara onlinenya bisa dilakukan secara mudah, langkah-langkahnya yaitu:

1. Datangi terlebih dahulu beberapa tempat yang memang memungkinkan masyarakat untuk bayar tagihan listrik ini, diantaranya adalah beberapa bagian seperti kantor pos, kemudian juga bisa membayarnya lewat loket pembayaran PPOB. 2 tempat tersebut memiliki mesin perbankan yang menunjang untuk bayar tagihan listrik secara mudah.
2. Disana untuk pasca bayar, maka tunjukkan terlebih dahulu identitasnya, kemudian jumlah beban listrik yang ditanggungkan kemudian pembayaran bisa langsung dilakukan. Sedangkan untuk pembelian voucher listrik juga bisa dilakukan kesini uangnya akan langsung masuk ke kas PLN. Jumlahnya nanti akan dipotong sesuai dengan konsumsi listrik Anda pada bulan berikutnya.
3. Menggunakan internet banking, fasilitas unggulan yang ditawarkan untuk bayar listrik mudah selanjutnya adalah dengan mengandalkan e-banking. Hanya beberapa bank saja yang menyediakan layanan ini, salah satu diantaranya adalah BRI, syaratnya tentu akun internet banking tersebut masih aktif dan ada sisa saldo di dalamnya.
4. Pembayaran via ATM, bagi yang rumahnya dekat dengan ATM, maka sekarang ini pembayaran juga bisa dilakukan secara mudah dari sini. Sebelumnya siapkan kwitansi atau nomor IDPL, pilih menu pembayaran bagian PLN, pilih untuk menu pasca bayar, masukkan Id pelanggan yang digunakan untuk akses website PLN, setelah itu akan muncul informasinya jumlah yang harus dibayarkan ditambah dengan biaya administrasi, nominal biasanya adalah 3 ribu rupiah. Mulailah untuk klik bayar, dengan ketentuan ada saldo di rekening ATM tersebut.

Sangat mudah bukan cek tagihan listrik maupun pembayarannya secara online, Anda tak perlu repot-repot membayar ke kantor PLN, jika semuanya bisa dilakukan secara mudah cukup dari rumah saja.

Tagihan Listrik Online


EmoticonEmoticon